Notification

×

Iklan

Iklan

Dr .dr Endang Metiawati SP ,S (K) : Pesan Untuk Masyarakat Aceh Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Kamis, 25 Juni 2020 | 14.19 WIB Last Updated 2020-06-25T07:29:44Z

 



Gemar.News|Banda Aceh , Dr. Endang saat ini menjabat sebagai Wadir di RSUZA , dari itulah Mengajak semua masyarakat Aceh harus waspada penularan wabah virus Corona di kalangan masyarakat , dalam kesempatan ini kita mengajak masyarakat tetap Stay at home dan tetap patuhi protokoler Kesehatan agar wabah Covid-19 ini cepat pergi di kalangan masyarakat Aceh tentunya kita harap Masyarakat Aceh Bek Bathat , dan jangan pergi kemana kelau tidak terlalu penting dan perlu, ucap Dr Endang.

Maka dari itu Wadir RSUZA Dr.dr. Endang Mutiawati juga meminta kepada masyarakat agar terus meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan sebelum memasuki pola hidup normal yang baru di tengah pandemi ini,

Untuk kesiapan New Normal  dan memutuskan mata rantai Covid-19 di Aceh  kita harap masyarakat aceh menyusun  Secata mandiri pola hidup sehat dan Patuhilah protokol kesehatan,  Kamis,(25/6/2020).

Lantas apa saja yang harus ditaati dalam protokol kesehatan Covid-19 inilah pesan Dr. Endang Metiawati Sp S (K) untuk masyarakat Aceh .


1. Cuci tangan
Panduan membersihkan tangan sesering mungkin, menjadi imbauan yang terus dikampanyekan.Jaga kebersihan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, jika permukaan tangan tidak terlihat kotor. Gunakan sabun dan air mengalir, jika tangan terlihat kotor. Ikuti tahapan mencuci tangan yang baik, meliputi punggung tangan, bagian dalam, sela-sela jari dan ujung jari.

2.Hindari menyentuh wajah
Menghindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung dan mulut, dalam kondisi tangan yang belum bersih. Tangan dapat membawa virus yang dapat diperoleh saat kita beraktivitas. Jika tangan kotor dan digunakan menyentuh wajah, maka virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

3.Menerapkan etika batuk dan bersin
Saat batuk atau bersin, tubuh akan mengeluarkan virus dari dalam tubuh. Maka virus dapat mengenai orang lain, sehingga orang tersebut dapat terinfeksi virus yang berasal dari tubuh kita.

4.Gunakan masker
Saat Anda memiliki gejala sakit atau gangguan pernapasan, gunakan masker medis saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Masker medis hanya dapat digunakan satu kali dan harus langsung diganti. Jangan lupa untuk membuang masker tersebut ke tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan setelahnya. Kendati demikian, untuk menghindari tertular, bagi Anda yang sehat juga dianjurkan untuk selalu mengenakan masker non-medis atau masker kain.

5. Jaga jarak sosial
Agar terhindar dari paparan virus, seperti SARS-CoV-2 yang mewabah seperti saat ini, maka perlunya selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Physical distancing atau jaga jarak ini diimbau agar masyarakat tidak mendatangi kerumunan, meminimalisir kontak fisik dengan orang lain dan tidak mengadakan acara yang mengundang orang banyak.

6. Isolasi mandiri
Ini dilakukan bagi Anda yang merasa tidak sehat, seperti memiliki beberapa gejala sakit, yakni demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak napas. Saat merasakan gejala tersebut, maka secara sadar Anda dan sukarela melakukan isolasi mandiri di rumah.

7. Menjaga kesehatan
Selama tidak berkegiatan di luar rumah, pastikan kesehatan fisik selalu terjaga dengan berjemur sinar matahari pagi selama beberapa menit, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan olahraga ringan.

Inilah pesan yang ingin kita sampaikan untuk masyarakat Aceh agar kedepan pendemi Covid-19 cepat berlalu di Aceh dan masyarakat Aceh wajib patuh protokol Kesehatan anjuran Pemerintah,  agar peneluran dan mata rantai tidak menyebar dikalangan masyarakat Aceh Tutup Dr Endang dalam pesannya. (Heri)


×
Berita Terbaru Update