Notification

×

Iklan

Iklan

Hujan Lebat dan Badai Hantam Abdya

Senin, 03 Agustus 2020 | 21.54 WIB Last Updated 2020-08-03T14:58:48Z
Dok.Foto, Pohon tumbang disebabkan karena hujan lebat dan badai di Kabupaten Aceh Barat Daya [Gemarnews.com]

GEMARNEWS.COM - BLANGPIDIE, Hujan lebat dan badai landa meluluhlantakkan sejumlah rumah dan pohon tumban di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sekira pukul 9.30 Wib sampai pukul 11.30 Wib, Senin, 3 Agustus 2020.

Hujan dan angin tersebut menimbulkan beberapa kerusakan rumah, kerusakan rumah ini ada beberapa sebab yaitu ada rumah yang tertimpa pohon dan ada juga rumah yangg rusak akibat diterpa angin kencang.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Manggeng, Handika Rahman mengatakan, pihaknya melakukan pembersihan puingan di rumah yang tertimpa pohon di kecamatan setempat.

"Di KecamatanManggeng ada 4 rumah yang rusak akibat kejadian tadi, yaitu di Gampong Pusu, Gampong Pante Raja, Gampong Ujung Padang, Alhamdulillah tdk ada korban dalam musibah tersebut " kata Handika kepada GEMARNEWS.COM saat dijumpai dilokasi kejadian, Senin (3/8/2020).

Dok.Foto, Tim gabungan saat membersihkan pohon tumbang yang menutupi badan jalan di Abdya [Gemarnews.com]

Dia juga menyampaikan seluruh Tagana Manggeng serta para Sahabat Tagana Manggeng dikerahkan untuk memonitor ke titik kejadian untuk memastikan di Kecamatan Manggeng aman, tampak juga terlihat unsur Muspika kec. Manggeng hadir di lokasi kejadian.

"Tadi saya juga koordinasi dengan Tagana Kabupaten, data yang masuk ke Tagana Abdya sampai saat ini sudah tercatat 17 rumah rusak akibat angin kencang tersebut," 

Menurut ketua Tagana Abdya, Yasri Gusman menyampaikan, selain merubuhkan pohon dan merusakkan sebagian rumah, badai tersebut juga memakan korban karena tertimpa pohon yang rubuh disamping rumahnya.

"Korban Rahmatullah (25) warga Gampong Ikhu Lhueng, Kecamatan Jeumpa jadi korban dalam peristiwa itu, korban hanya menderita cidera dikaki kanan karena tertimpa pohon, dan korban sudah ditangani oleh tim media," ucap Ketua Tagana Abdya, Yasri Gusman.

Hujan lebat disertai badai yang melanda Kabupaten berjulukan 'Nanggroe Breuh Sigupai' kali ini terbilang kencang dan sangat membahayakan, hal itu terlihat dari beberapa pohon yang tumbang di badan jalan nasional serta menimpa rumah dan menimpa kabel listrik yang membahayakan pengendara jalan.

"Dalam hal ini pihak dari PLN cabang Blangpidie turun dibeberapa titik untuk memperbaiki kabel-kabel yang sudah putus," ujar Yasri

Kepala Dinas Sosial Abdya melalui Kabid Linjamsos Dinsos Abdya, Reza Kamarullah SH menyampaikan, pihaknya selalu memonitor perkembangan di semua lokasi kejadian, termasuk menurunkan seluruh Tagana Abdya untuk membantu assestmen dilapangan.

"Kita sudah turunkan seluruh anggota Tagana kelapangan untuk assesment, nanti setelah ada hasilnya maka akan diserahkan ke pimpinan untuk mengambil langkah selanjutnya," pungkas Reza.

Berikut data rumah rusak yang disebabkan oleh badai dan tertimpa pohon di Abdya:
1. Kecamatan Lembah Sabil 2 rumah,
2. Kecamatan Manggeng 4 rumah,
3. Kecamatan Blangpidie 3 rumah,
4. Kecamatan Susoh 3 rumah,
5. Kecamatan Jeumpa 1 rumah,
6. Kecamatan Kuala Batee 2 rumah,
7. Kecamatan Tangan Tangan 2 rumah.
×
Berita Terbaru Update