Notification

×

Iklan ok

Ketua Pusat Promosi Batu Mulia Indonesia Ajak Dukung Rencong Batu di API 2020

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 22.07 WIB Last Updated 2020-08-01T15:10:29Z
Dok.Foto, Ketua Pusat Promosi Batu Mulia Indonesia, Sujatmiko saat memperlihatkan Rencong Batu Aceh Selatan [Gemarnews.com]

GEMARNEWS.COM - TAPAKTUAN, Ketua Pusat Promosi Batu Mulia Indonesia, Sujatmiko mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung kerajinan rencong batu sebagai cenderamata terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.  

Pimpinan organisasi masyarakat batu mulia yang berdomisili di Bandung tersebut menyebutkan pihaknya mengenal hasil kerajinan ini melalui seorang peneliti bernama irwan muksin, ST yang kebetulan sedang melakukan kajian terhadap potensi batu marmer di Kabupaten Aceh Selatan beberapa bulan yang lalu. 

Belakangan diketahui bahwa rencong batu tersebut berhasil menjadi salah satu nominasi dalam anugerah pesona Indonesia (API) 2020. Untuk itu beliau mengharapkan kepada masyarakat khususnya masyarakat batu mulia agar ikut mendukung produk cenderamata berbahan batu tersebut. 

Di dalam masyarakat batu mulia, kiprah Sujatmiko sangatlah banyak diantaranya: berhasil melarang ekspor bahan mentah (SK. Menperindag 2004), meningkatkan nilai tambah batu mulia, membentuk Organisasi Masyarakat Batu Mulia Indonesia, Inventarisasi potensi dan jenis batu mulia di seluruh Indonesia, penerbitan 24 jenis batu mulia Indonesia dalam prangko RI (1997-2001), pelatihan kerajinan batu mulia di Bandung,  manufaktur mesin-mesin pemproses batu mulia, sertifikasi batu mulia standard international, sosialisasi lewat FB, FP, Instagram, You Tube, dan lain-lain.

Menurut Sujatmiko, produk Rencong Aceh Selatan sangat baik karena memanfaatkan batuan lokal. Disamping diolah menjadi rencong batu hendaknya ke depan juga dapat diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan yang menggali local wisdomnya Aceh. 

Cara mendukung Rencong Batu adalah dengan mengetik API 6F kirim ke 99386, atau like dan subscribe akun YouTube APIAward serta like dan follow akun Instagram @apiaward. (Misran Putera Aceh Selatan)
×
Berita Terbaru Update