Notification

×

Iklan

Iklan

Plt. Kalak BPBD : Dampak Gempa, Kita Lakukan Analisa Awal Dampak Di Lapangan

Kamis, 20 Agustus 2020 | 23.00 WIB Last Updated 2020-08-20T16:00:17Z

ilustrasi

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Kabupaten Pidie Jaya kembali diguncang gempa bumi 5.0 Magnitudo pada Kamis (20/8/2020) pukul 20.53 WIB.

PLT Kepala Pelaksana BPBD Pijay Okta Handipa, ST M. Arch menyampaikan melalui Whatshapp pada group media, dari analisa awal di lapangan belum terdapat dampak dari gempa bumi tersebut.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh camat belum ada laporan terdampak, selagi berkoordinasi dengan dengan Camat pihaknya juga mengkonfirmasi kepada PLN Cabang Pijay belum ada Pemadaman akibat gempa itu.

"Tim TRC BPBD Pijay sudah berada dilapangan untuk melakukan observasi dampak gampa dan kami juga sudah berkoordinasi pada seluruh camat sampai dengan saat ini belum ada yang terdampak," Ucap Okta

Sementara itu Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro mengatakan, dari Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter dengan magnitudo M=5.0 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.86 LU dan 96.08 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 26 km barat daya Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 km.

"Dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi di Pijay merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar sumatera pada Segmen Aceh," Ujar Djati

Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser, pihaknya memantau hingga pukul 21:30 WIB, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh pada isu yang tidak dapat pertanggung jawabkankebenarannya.

"Sampai dengan jam 21.30 belum ada gempa susulan, saya mengharap masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bertanggung jawab,". (nas)

×
Berita Terbaru Update