Notification

×

Iklan

Iklan

Zulkifli BI : MPU Aceh Harus Segera Prioritaskan Kajian Game Domino

Rabu, 19 Agustus 2020 | 15.22 WIB Last Updated 2020-08-19T08:22:42Z
Zulkifli BI, (Foto/ist).

Gemarnews.com, Pidie - Pidie - Menyoroti permainan domino yang semakin marak dimainkan oleh remaja hingga kalangan tua di Aceh. Pemuda Pidie sekaligus mahasiswa program doktoral Universitas Padjajaran (Unpad), Zulkifli BI meminta kepada Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh untuk segera mengeluarkan fatwa haram.

Menurutnya, hal ini di karenakan kian meresahkan dan dapat memicu kepada tindakan kriminal.

"Saya secara pribadi meminta kepada MPU Aceh untuk segera mengeluarkan fatwa haram terkait maraknya game domino di Aceh, tentu dengan dasar kajian-kajian terlebih dahulu," pukas pemuda yang akrab di sapa Doli ini.

Ia juga menambahkan bahwa beberapa waktu lalu ada yang melakukan pencurian dan menjual hasil curiannya itu untuk membeli chip domino.

"Game domino ini adalah judi, menjual dan membeli chip secara terbuka di tempat-tempat umum kepada siapapun," tambah mahasiswa doktoral Universitas Padjajaran ini.

"MPU Aceh harus segera memprioritaskan kajian ini, di karenakan kian hari semakin ramai dimainkan dan merubah pola hidup, dari kebiasaan hareukat ibadat dan istirahat menjadi kebiasaan menunggu keberuntungan dan ini syirik secara agama," pungkasnya lagi.

Sejauh ini baru MPU Banda Aceh yang melakukan kajian terkait game domino ini, ke depan diharapkan akan mampu menghasilkan rekomendasi kepada pemerintah baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk kemudian diteruskan menjadi kebijakan dan pegangan untuk penertiban oleh aparat di lapangan.

"Saya juga penikmat Domino's island, dan saya mengerti bagaimana psikologi dari hasil permainan ini, menunggu keberuntungan yang bisa dihasilkan menjadi uang, namun kenyataannya selalu mengeluarkan uang untuk membeli chip," tutup Dosen Muda Universitas Jabal Ghafur ini.
×
Berita Terbaru Update