Notification

×

Iklan ok

BPBA Ikut Berpatisipasi Apel Siaga Gabungan dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana di Lapangan Blang Padang

Rabu, 11 November 2020 | 17.01 WIB Last Updated 2020-11-11T10:01:56Z

Gemarnews.com, Banda Aceh -   Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) ikut serta pada  Apel Siaga Gabungan dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana (PB) bersama unsur instansi terkait lainnya.Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT didampingi Kepala Pelaksana BPBA, Ir. Sunawardi, MSi serta pejabat Forkopimda terlihat mengenakan masker meninjau kesiapan peralatan tim BPBA dan tim gabungan lainnya penanganan bencana alam seusai memimpin apel bersama di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Aceh, Rabu (11/11/2020). 

Apel gabungan yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencanca Daerah, Basarnas, TNI, Polri dan pihak terkait lainnya itu untuk penanganan bencana alam banjir dan longsor yang berpotensi terjadi di Aceh sehubungan memasuki musim penghujan.

Apel ini sebagai wujud antisipasi ataupun kesiapan petugas dalam menghadapi bencana yang kapan saja bisa terjadi di wilayah Aceh berdasarkan hasil dari pantauan dari BMKG bahwa telah terjadi cuaca ektrem yang sudah berlangsung  hingga desember nanti. Apel Siaga Gabungan dan gelar peralatan dengan tema "Bencana Adalah Urusan Bersama" Ungkap Nova Selaku Inspekktur Upacara.

Dalam sambutannya mewakili Plt. Gubernur Aceh beliau mengatakan sebagian besar wilayah Provinsi Aceh merupakan wilayah rawan bencana, peristiwa bencana tsunami 15 tahun silam merupakan salah satu bukti betapa besarnya ancaman bencana di Provinsi Aceh, setiap tahun berbagai jenis bencana silih berganti terjadi, Oleh karena itu, beliau meminta agar kita semua lebih meningkatkan kewaspadaan serta memperbanyak sosialisasi di masyarakat tentang kebencanaan. 

“Seluruh tim dan relawan harus senantiasa siaga, tidak boleh lalai, apalagi mengabaikan sistem koordinasi yang telah dibangun, upaya untuk melatih diri terus dilakukan serta harus dilengkapi dengan peralatan yang memadai agar tim siap bekerja pada situasi darurat” Harap Nova.

Lanjutnya Apel siaga yang digelar hari ini adalah bagian dari upaya untuk memperkuat koordinasi untuk penanggulangan bencana di Aceh. Apel Siaga ini juga sebagai wahana untuk menyegarkan kembali pengetahuan kebencanaan dan mempertajam pemetaan kawasan bencana sehingga kita dapat menjadikan pengarausutamaan dalam setiap gerak pembangunan di daerah.

Kepala Pelaksana BPBA, Ir. Sunawardi, M.Si mengatakan , Apel Siaga Gabungan dan Gelar Peralatan PB merupakan tindak lanjutdari surat telgaram Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : STR/710/X/OPS.2/2020 tanggal 19 Oktober 2020 tentang penanggulangan bencana Surat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor B-2/DII/PD.03.02/01/2020 Perihal Peringatan Dini Potensi Ancaman Bahaya Banjir, Banjir Bandang dan Tanah Lonsor.

Apel Siaga Gabungan dan Gelar Peralatan PB diikuti oleh peserta dari instansi, institusi, lembaga, dan organisasi kebencanaan dari Kodam IM, Polda Aceh, BPBA, IOF, PMI, Dinsos dan Satpol PP/WH.
Sunawardi menambahkan bahwa semua peralatan penangulangan bencana yang digelar hari ini baik dari BPBA atau Instansi terkait lainnya hanyalah sebahagian dari peralatan yang dimiliki , tidak semua bisa digelar hari ini tergantung fungsi dan lokasi operasinya. 

Kegiatan penanggulangan bencana juga harus memadai dengan peralatan yang kompleks seperti alat berat, teknologi informasi, transportasi, drone, dan alat evakuasi semua harus tersedia agar respon cepat dapat dilakukan di lapangan. (rilis)
×
Berita Terbaru Update