Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Gampong Dua Paya Lampoh Saka Semarakkan Maulid Nabi 1442 H

Minggu, 27 Desember 2020 | 14.32 WIB Last Updated 2020-12-27T07:32:47Z

Tgk. Abdul Aziz Penceramah Dakwah Islamiah

Gemarnews.com, Pidie - Kegiatan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H/2020 M di Gampong Dua Paya, Lampoh Saka, Kec. Peukan Baro, Kabupaten Pidie,Minggu (26/12/2020) berlangsung khidmat dan meriah.

Pada siang hari sebelum waktu zuhur, diadakan  acara pajôh bu mulód (makan bersama) di meunasah gampong  mengundang warga dari desa tetangga dalam wilayah kemukiman Mesjid Baro, yaitu Gampong Cot Mulu, Dayah Bubue, Rambayan Kupula, Rambayan Lueng,  Sumboe Buga dan Tanjong Hagu. 

Turut hadir Imum Mukim Mesjid Baro, Asnawi Abdullah (Toke Nawi Bus Kurnia), pengusaha juga tokoh Pidie.

Tgk. Abdul Aziz Penceramah Dakwah Islamiah

Malam harinya, penceramah kondang Aceh dari Desa Kampung Baru Banda Aceh, Tgk. Abdul Aziz yang terkenal ahli dalam bidang sejarah Islam dan Aceh tampil memukau para pendengar dakwah islamiah. 

Beliau menguraikan secara detil sejarah kelahiran Nabi Muhammad serta perjuangan dakwahnya dalam mengislamkan jazirah Arab dulu. Tak lupa juga menyinggung sejarah masuknya agama Islam ke Aceh. 

Lewat orasi yang begitu energik dengan logat kental khas Acehnya, penceramah mengajak umat Islam khususnya generasi muda Aceh agar tidak lupa untuk mempelajari sejarah kegemilangan bangsa Aceh pada masa lalu.

"Hebatnya, agungnya Aceh masa lalu karena patuhnya semua elemen negeri dari Sultan, Qadhi, Mentri, pejabat dan semua rakyatnya pada ajaran Islam. Islam telah menjadi spirit bagi bangsa Aceh dalam mencapai era kejayaannya dulu baik dalam politik, ekonomi, sosial juga budaya. Karena itu bangsa generasi muda Aceh perlu terus menempa diri belajar, berusaha dan berdakwah dalam kerangka syariat Islam agar bumi Aceh selalu diberkahi Allah". Seru Tgk.Abdul Aziz.

Juara III Tartil Quran MTQ Provinsi Aceh 2019 Tampil Sebagai Qari

Peringatan Maulid bertambah khidmat setelah sebelum ceramah, Tilawatil Quran dilantunkan oleh Tgk. Muhammad Shiddiq asal Ulee Gle, Pidie Jaya. Sang qari adalah juara III Lomba Tartil Quran Tingkat Remaja Putera MTQ Provinsi Aceh Tahun 2019 lalu di Kota Sigli, Pidie.

Sementara itu Geusyik Gampong Dua Paya, Marzuki atas nama seluruh perangkat gampong dan panitia maulid mengucapkan terima kasih tak terhingga atas partisipasi seluruh elemen warga gampong untuk kesuksesan acara Maulid Nabi. 

"Semoga tradisi ini semakin memupuk kebersamaan dan persatuan warga serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan menumbuhkan rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dan ahlul baitnya". Ucap Pak Geusyik Marzuki.

Acara peringatan maulid mendapatkan dukungan dana dari warga gampong juga perantauan yang ikut menyumbang serta hasil kerjasama kompak dari semua pihak, khususnya pemuda gampong. "Terimakasih banyak kepada seluruh pemuda Gampong Dua Paya atas kesuksesan acara". Ucap Ismail, ketua pemuda.

Kegiatan bertambah semarak dengan pemasangan berbagai macam pernak pernik dekorasi, umbul-umbul dan papan bunga. Tercatat papan bunga dari para tokoh ; H.Muhammad Nazar, S.Ag (mantan Wagub Aceh) dan Anwar Sastra Putra (Anggota DPRK Pidie Fraksi Partai Aceh).

Turut hadir pada malam acara puncak dakwah islamiah Tgk. Muhaimin (imum syiek meunasah),  Marzuki (geuchik), Ridwan Usman (sekdes), Samsuar (bendahara), Abdullah (Kaur.Pemerintahan), Reza (Kaur.Umum), Husen (Kaur.Pembangunan). Iskandar A.Wahab, Kamarullah Arifin, Muhammadon (Keplor), Ismail (Ketua Pemuda) serta Amad Hamid, Sulaiman Tahir, H.Surya Gunawan, Sudirman Usman dan Azhari (Tuha Peut). (*)
×
Berita Terbaru Update