Notification

×

Iklan

Iklan

Abuwa : Pemkab Pijay Akan Pugar Makam Pengarang Kitab Lapan

Selasa, 12 Januari 2021 | 16.49 WIB Last Updated 2021-01-12T10:31:20Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Bupati Pidie Jaya, H. Aiyub Ben Abbas didampingi Sekretaris Daerah, Asisten II, Kabag Humas, beserta jajaran mengunjungi Makam 
Pengarang Kitab Lapan, Syeh Ahmad Faqih Al-Langgini, yang bertempat di Desa Sagoe Langgieng Kecamatan Bandar Baru, hari Selasa (12/1/2021).

Pada kesempatan tersebut Bupati Pijay mengawali kunjungannya dengan melakukan ziarah dan doa. Kemudian selanjutnya Bupati beserta rombongan dengan didampingi juru kunci makam melihat kondisi bangunan yang merupakan makam sejarah yang ada di Kabupaten Pidie Jaya tersebut.

Bupati telah memerintahkan Kepala Bappeda  dan Kepala Dinas PU melalui Asissten II untuk segera turun ke lokasi guna mendisain perencanaan perluasan dan menghitung segala kebutuhan anggaran yang diperlukan. 

Bupati juga menginginkan peluasan dan renovasi nanti dilakukan tidak mengurangi nilai-nilai keaslian yang ada di makam tersebut. Karena ini makan Syeh Ahmad Faqih Al-Langgini adalah makam ulama pengarang kitab lapan yang harus dihargai segala jasa dan kebaikannya.

"Dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai anaknya sebagai keturunannya untuk dapat melestarikan apa yang beliau tinggalkan, termasuk makam beliau dan tidak terkecuali bagaimana kita menjaganya, "jelasnya.

Dan dikatakannya, makam ini bisa menjadi potensi destinasi wisata Islami di Kabupaten Pidie Jaya, serta dilestarikan sebagai warisan pendidikan dan budaya Islam di Aceh, melihat banyaknya pengunjung atau penziarah yang mendatangi makam tersebut baik perseorangan atau rombongan.

"Ini potensi yang bagus bagi Kabupaten Pijay karena penziarah yang datang tidak hanya dari Pijay saja, namun juga dari luar daerah,"pangkasnya. (nas)

×
Berita Terbaru Update