Notification

×

Iklan

Iklan

Prof. Dr. H. Apridar, SE, M.Si Dilantik Jadi Rektor Uniki Bireuen

Sabtu, 23 Januari 2021 | 21.18 WIB Last Updated 2021-01-23T14:18:17Z
Gemarnews.com l Bireuen - Prof. Dr. H. Apridar, SE, M.Si, yang pernah menjabat Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Aceh, resmi dikukuhkan sekaligus dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Blang Bladeh, Bireuen, Sabtu (23/01/2021).

Acara berlangsung di Aula kampus utama UNIKI, jalan Medan-Banda Aceh Desa Blang Bladeh Kabupaten Bireuen.

Ketua Senat UNIKI, Dr. zainuddin Iba, SE., M.M, mengatakan, Pengukuhan ini merupakan hasil dari Rapat Pleno sehari sebelumnya yang diputuskan oleh 12 anggota Senat Universitas dihadiri juga oleh Ketua Dewan Pembina Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si, dan Ketua Yayasan Kebangsaan Bireuen Hj. Nuryani Rachman, S.Pd.

"Apridar adalah Rektor kedua di UNIKI periode 2021-2025, menggantikan Rektor sebelumnya Dr. Marwan Hamid, M.Pd, yang sudah habis masa periodenya, dan beliau kini terpilih sebagai Rektor Universitas Al-muslim Peusangan Kabupaten Bireuen, pada akhir Tahun 2020 lalu," ujar Zainuddin Iba.

Apridar sendiri sudah sangat akrab di kalangan UNIKI, karena telah ikut membina Program Pascasarjana S-2 Magister Manajemen UNIKI sejak tahun 2018 silam dan juga merupakan pengajar khusus untuk mata kuliah Ekonomi Mikro-Makro.

"Beliau juga pernah menjabat Rektor Unimal selama dua periode, yakni sejak 15 Oktober 2010 sampai 19 Desember 2018," Jelasnya. 

Alumni program Doktor Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Unsyiah (USK) Banda Aceh, yang lahir di Kota Lhokseumawe, 13 April 1967, juga aktif di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Lhokseumawe.

Selain itu, Prof. Apridar pula telah menerbitkan sebanyak sebelas (11) buku referensi tentang ekonomi dan Manajemen. Diantaranya adalah Ekonomi Internasional (2008), Teori Ekonomi (2010), Ekonomi Kelautan (2011), Daya Saing Ekspor Ikan Tuna Indonesia (2014) dan Ekonomi Peradaban (2015).

Ketua Dewan Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr. Amiruddin Idris, sangat mengapresiasi kehendak Senat Universitas dalam memilih dan mengukuhkan Prof Apridar.

"Saya sangat paham kualitas dan pengalaman beliau. Dibawah kepemimpinan beliau, kampus Unimal Lhokseumawe maju pesat dan berkembang menjadi salah satu kampus favorit di Provinsi Aceh. Saya yakin beliau (Prof. Apridar) akan membawa UNIKI yang masih baru ini maju lebih cepat dari yang target, Insha Allah," tutup mantan Rektor Al-Muslim itu dan saat ini menjabat Anggota DPR Aceh.

Apridar menyatakan, UNIKI menawarkan kampus Link and Match dengan moto “Profesional, Unggul, Entrepreneurship dan Islami” sangat ditunggu kiprahnya oleh masyarakat Aceh.

Sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang berlabel islam, saya yakin akan cepat dikenal masyarakat, baik dari aspek pengembangan kampusnya dan program pendidikan yang ditawarkan. Tinggal tugas kita ke depan, adalah meningkatkan mutu, apalagi dalam menyongsong pembelajaran kampus merdeka dan belajar merdeka," pungkas Rektor UNIKI baru, Apridar. (*)
×
Berita Terbaru Update