Notification

×

Iklan

Iklan

Deah Glumpang, Gampong Siaga Darah.

Sabtu, 30 Januari 2021 | 21.07 WIB Last Updated 2021-02-01T14:09:38Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Tingginya kebutuhan darah di Banda Aceh setiap hari mejadikan PMI Banda Aceh lebih kreatif dalam menyiapkan calon pendonor darah untuk persediaan darah yang sehat agar dapat digunakan oleh banyak pasien di berbagai Rumah sakit. 

Partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan akan darah saban hari. Salah satu cara melibatkan masyarakat agar gemar dan rutin berdonor adalah dengan membentuk gampong siaga darah di Banda Aceh. 

Sebuah gampong bernama Deah Glumpang di Kecamatan Meuraxa adalah gampong pertama yang bersiap dan menyatakan diri sebagai gampong siaga darah. 

Untuk tahap perdana, masyarakat gampong tersebut yang difasilitasi oleh Keuchik, Ketua Tuha 4 dan perangkat gampong melakukan donor darah untuk pertama kalinya di Deah Glumpang pada sabtu, (30/1/2021). 

Antusiasme masyarakat menghasilkan sebanyak 51 kantong darah. Animo masyarakat untuk melakukan donor darah sangat tinggi, akan tetapi stelah diperiksa oleh petugas dari PMI Banda Aceh sebagian masyarakat tersebut tidak memenuhi syarat donor darah. 

Misalnya hb nya yang rendah, malam sebelum donor konsumsi obat2an serta tensi darah yang tidak sesuai untuk syarat donor. 

Keuchik Gampong Deah Glumpang yang didampingi oleh Ketua Tuha 4 mengucapkan banyak terima kasih kepada PMI atas suksesnya donor darah perdana ini. 

Dan direncanakan akan dilakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali demi membantu masyarakat yang membutuhkan darah di Banda Aceh dan sekitarnya. (rilise)
×
Berita Terbaru Update