Notification

×

Iklan ok

Peringati HPSN 2021, Pijay Gleeh Bersihkan Sampah

Minggu, 21 Februari 2021 | 11.49 WIB Last Updated 2021-02-21T04:49:00Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 diperingati Komunitas Pijay Gleeh bersama Masyarakat Desa Manyang Lancok dengan kegiatan sisir sampah dengan menyasar tempat pembuangan sampah liar atau ilegal yang ada di desa Manyang Lancok, Minggu (21/2/2021).

Sejak pagi, sekitar pukul 09.00 WIB ratusan perwakilan  orgaisasi peduli lingkungan bersama masyarakat  menyebar dan memonitoring keberadaan sampah. Salah satu titik yang menjadi sasaran adalah tempat pembuangan sampah ilegal di  samping Jembatan gantung (menghubungkan Manyang - desa Geunteng Kecamatan Meurah Dua).

Disini banyak dijumpai tumpukan sampah yang berserakan. Peserta langsung membersihkan dan mengangkut sampah menggunakan becak menuju TPA.

Ketua Komunitas Pijay Gleeh, Fazli mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah ini selain untuk memperingati HPSN 2020 juga untuk mengajak masyarakat cinta kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Adapun pembersihan sampah di samping jembatan gantung dilakukan bersama organisasi atau ormas peduli lingkungan dengan masyarakat desa Manyang Lanco, Kecamatan Meureudu, Para petugas berhasil mengumpulkan sampah yang bisa di garuk dengan menggunakan peralatan biasa, karena ini perlu alat berat untuk membersihkan sampah di sini, ujar Fazli.

“Kita mengharapkan agar masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Dimulai dari hal yang paling mudah yakni tidak membuang sampah sembarangan. Tanamkan kebiasaan ini sejak dini pada anak-anak,” kata Miswar Keuchik Desa Manyang Lancok.

Kedepan, pihaknya juga akan mengembangkan Bank Sampah untuk masyarakat pedesaan agar pengelolaan sampah bisa berjalan baik.

“Selain lingkungan bersih, juga bisa mendorong kreativitas masyarakat,” pungkasnya. (nas)

×
Berita Terbaru Update