Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas sosial Aceh Timur kunjungi mantan Kombatan GAM yang menderita lumpuh

Minggu, 07 Maret 2021 | 20.55 WIB Last Updated 2021-03-07T14:25:19Z

Dok.Foto:Dinas sosial Aceh Timur saat mengunjungi rumah kediaman mantan Kombatan GAM didesa Seuneubok Saboh, kecamatan Pante bidari.


Aceh Timur-Abdul Muthalleb (60) mantan Kombatan GAM wilayah Sagoe Kuta Bulo Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur yang dikenal dengan nama sandi "Gogasi" kini berbaring lemah tak berdaya akibat strok sehingga ia lumpuh tak bisa berjalan lagi selama kurang lebih sudah 18 bulan.Minggu (7/3/2021).


Gogasi, adalah nama sandi saat ia bergabung dengan Gerakan Aceh Merdeka semasa konflik dulu, semasa menjadi Anggota GAM, ia dikenal dengan orang yang gagah, pantang mundur dalam berperang, namun karena usia semakin menua kini ia berbaring lemah dikamar rumahnya yang sederhana di Desa Seuneubok Saboh warga Dusun Alue Limeng. Pasalnya ia mengalami lumpuh karena penyakit strok yang diderita.


Diberitakan pada salah satu media online tentang Abdul Muthalleb (Gogasi) yang butuh bantuan karena penyakitnya tersebut, tertulis salah satu nama rekan seperjuangannya yaitu Rocky mantan kombatan GAM masa konflik dulu yang kini sudah menjadi orang nomer satu di Aceh Timur.


Tidak menunggu lama, Kepala Dinas Sosial atas perintah Bupati Aceh Timur langsung melakukan investigasi yang dilakukan langsung melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Iskandar, S.Kom.


Perintah tersebut langsung dilaksanakan tidak menunggu hari kerja, namun pada hari liburpun Dinas Sosial langsung turun ketengah-tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan khususnya bantuan Rehabilitasi Sosial melalui Dinas Sosial.


"Bpk. Abdul Muthalleb (Gogasi) sudah mengalami lumpuh selama delapan belas bulan dan tanpa kursi roda, Dinas Sosial tidak boleh lagi menunggu 18 bulan lebih 1 hari untuk membantu memberikan kursi roda kepada beliau, jadi tak ada istilah hari libur bagi Dinas Sosial" Kata Iskandar.


Dalam melakukan investigasi tersebut, Iskandar yang didampingi Pdp. PKH Bpk. Urija membenarkan kondisi Abdul Muthalleb (Gogasi) dalam keadaan yang sangat memprihatinkan, disamping hal ekonomi beliau merupakan warga miskin ditambah sakit yang sedang beliau rasakan sudah lama.


Iskandar menyerahkan bantuan berupa sembako, pakaian dan kain sarung perlengkapan shalat serta perlengkapan kebutuhan lainya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, selain itu Iskandar juga menyerahkan bantuan satu unit kursi roda kepada Gogasi.


Terkait pengobatan terhadap mantan kombatan tersebut, Iskandar mengatakan akan mengupayakan bantuan selanjutnya yaitu berupa biaya pendampingan untuk pengobatan, hal ini akan kita sampaikan kepada Bpk. Bupati.


Dalam sela - sela penbincangan candaan Iskandar Kabid Dinas Sosial mengutarakan dengan Bahasa Aceh.


"tameulake beubagah puleh mangat e'k tamat bude lom" 


Gogasipun tertawa dengan riang dalam candaan itu."candanya dimaksud untuk menghibur agar mendukung cepatnya pulih Gogasi dari sakitnya".


Kechik Desa Seuneubok Saboh, Bpk M. Nasir yang juga ikut hadir dalam kunjungan tersebut mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Dinas Sosial kepada warganya, dan mengucapkan terimakasih pula kepada Bapak Bupati Aceh Timur yang sudah peduli terhadap eks kombatan.(Zoel).

×
Berita Terbaru Update