Notification

×

Iklan

Iklan

Kakankemenag Gelar Rakor RKA-SK Tahun 2022

Jumat, 05 Maret 2021 | 22.21 WIB Last Updated 2021-03-05T15:21:41Z

Gemarnews.com, Bireun -  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya,  Ahmad Yani, S.PdI, membuka rapat koordinasi (rakor) Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) Tahun 2022 di lingkungan Kankemenag setempat, Rabu (5/3/2021).

Kegiatan yang diikuti 38 pengelola dari sejumlah satuan kerja dan unit kerja lingkup Kantor Kemenag Kabupaten Pidie Jaya itu berlangsung di Aula Hotel Luxury Bireun.

Ahmad Yani menjelaskan bahwa rakor tersebut merupakan agenda tahunan yang dibuat di awal tahun sesuai dengan siklus yang ada. Rakor ini akan berlangsung hingga Kamis (6/2/2021) besok.

“Rakor RKA-SK pada tahun ini lebih cepat kita laksanakan, hal ini dilakukan karena nantinya ketika perencanaan itu sudah siap akan segera kita usulkan ke kanwil,” kata Pak Yani.

Ia juga mengimbau kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan rakor tersebut dalam penyelesaian perencanaan. Ia berharap, nantinya perencanaan itu dibuat dengan matang dan sesuai dengan kondisi di Kankemenag Pidie Jaya.

“Alhamdulillah hari ini seluruh peserta yang kita undang yang terdiri dari kasi, kepala dan bendahara serta operator semuanya berhadir,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Yani juga berharap perencanaan tersebut ditata sebaik mungkin dengan apa yang dibutuhkan oleh instansi, bukan apa yang diinginkan.

Ia juga menjelaskan, rakor ini sengaja digelar di Bireun agar lebih santai, namun serius. Ia berharap, dengan suasana santai itu para penyusun anggaran lebih fresh dalam berfikir sehingga akan lebih matang dalam menyusun program ke depan.

“Dalam rakor ini nantinya kita lebih banyak berhayal terkait apa yang akan kita rencanakan ke depan. Untuk itu dalam menunjang hayalan tersebut kita juga perlu untuk melakukan penyegaran pada pemikiran kita, maka di Kabupaten tetangga ini saya rasa kebutuhan itu bisa terobati,” ujarnya. 

Kakankemenag Bireuen Drs. H. Zukifli Idris, M.Pd, mengucapkan selamat datang di Kabupaten Bireuen dan berterima kasih kepada kepala kantor Kemenag Pidie Jaya yang memilih Bireuen sebagai tempat untuk melaksanakan Rakor RKA-SK  Tahun ini.

"Rakor Penyusunan Anggaran adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap satuan kerja untuk menyusun rencana anggaran untuk tahun selanjutnya, maka sudah sewajarnya untuk menyusun anggaran dengan secermat mungkin agar tidak terjadi defisit diakhir tahun" himbau Zukifli dihadapan peserta rakor

"Di Kemenag, hari ini sudah di dengunggkan  reformasi birokrasi baik areal organisasi , reformasi sumber daya manusia, reformasi dalam  bidang tata laksana, reformasi di bidang BMN dan lain-lain yang muaranya nanti untuk menjadikan   Kementerian Agama sebagai organisasi tepat guna dan tepat sasaran, sebagai insan kementerian agama kita harus merespon setiap perubahan yang terjadi sesuai dengan perubahan zaman. 

"Anggaran harus berbasis program bukan anggaran berbasis pemerataan, maka setiap satuan kerja harus berinovasi dalam membuat program dan dilengkapi dengan data yang benar,  maka dengan itu data sangatlah penting dan mahal dalam membuat sebuah program, 

Kegiatan Rakor ini tetap mengikuti protokol kesehatan Covid 19 yaitu menjaga jarak di setiap peserta, memakai masker serta panitia menyediakan wastafel untuk mencuci tangan, ujar ketua panitia pelaksana, Mukhlis, S.Ag, Kasubag. Tata Usaha. (nas)

×
Berita Terbaru Update