Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolres ABDYA Dukung Aplikasi ASAP digital untuk Pengawasan dan Pengendalian KARHUTLA

Senin, 15 Maret 2021 | 22.09 WIB Last Updated 2021-03-15T15:09:22Z



Dok.foto Kapolres Abdya rapat bersama Muspika Abdya terkait Pengendalian Karhutla



GEMARNEWS.COM , BLANG PIDIE  - Dalam upaya pengawasan dan pengendalian karhutla di wilayah hukum Aceh Barat Daya, polres Abdya mendukung program aplikasi sistem ASAP digital di wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Aceh barat daya AKBP pol. Muhammad Nasution, SIK mengatakan ke awak media, bahwa saat ini wilayah Aceh barat daya merupakan wilayah yang sangat rawan terhadap kebakaran lahan dan hutan, sehingga pihaknya terpaksa melakukan tindakan tegas terhadap pelaku yang terindikasi membakar lahan.

" Alhamdulillah, tadi dari hasil Video conference dengan bapak asops Kapolri dan bapak Kapolda Aceh, sudah ada sistim aplikasi sistem analisa pengendalian (ASAP) secara digital, ini lebih bagus, sehingga kita bisa langsung tau dimana letak titik lokasi secara langsung" kata Kapolres Abdya.

Aplikasi (ASAP) secara digital yang di gagas oleh Polda Jambi ini mendapat persetujuan dari bapak Kapolri untuk di contoh di wilayah polda diseluruh Indonesia, berbagai kelebihan dari aplikasi ini diantaranya mampu merekam kejadian secara langsung kebakaran hutan yang terjadi, sistem ASAP ini bekerja seperti CCTV dan mampu berputar sejauh 360 derajat dengan jangkauan cukup jauh dari CCTV biasa.15/3/21 .

Sistem ini nantinya juga akan digabungkan dengan aplikasi sistem yang lain seperti lancang kuning sehingga memudahkan pengawasan dan pengendalian karhutla.

" Kita dengan mudah akan mengetahui titik lokasi secara langsung dan kita juga bisa menggerakkan personil dan relawan ke lokasi sesuai dengan titik koordinat yang di tuju." Tambah Kapolres Abdya ini

Dia juga menjelaskan bahwa selama ini aplikasi yang lain hanya bisa mendeteksi titik hotspot saja, tidak biasa kita lihat secara langsung, yang lebih penting lagi dengan aplikasi ASAP digital ini kita biasa langsung bisa menggerakkan anggota kelokasi tanpa harus tersesat.
×
Berita Terbaru Update