Notification

×

Iklan ok

Peringati IWD, Direktur AWPF Desak Pemerintah Beri Perhatian Khusus Untuk Perempuan

Senin, 08 Maret 2021 | 11.39 WIB Last Updated 2021-03-08T04:39:28Z
BANDA ACEH l Gemarnews.com - International Women's Day atau Hari Perempuan Internasional 2021 diperingati pada hari ini 8 Maret 2021. Hari Perempuan Internasional diperingati untuk menyoroti wanita dan hak-hak mereka. 

Mulai awal tahun 1900-an, IWD adalah hari global yang merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan. Hari itu juga menandai seruan untuk bertindak mempercepat kesetaraan perempuan.

Tema International Women's Day 2021 adalah "Let's all choose to challenge". 

Kita semua bisa memilih untuk menantang dan menyerukan bias dan ketidaksetaraan gender. Kita semua dapat memilih untuk mencari dan merayakan pencapaian wanita.

Secara kolektif, kita semua dapat membantu menciptakan dunia yang inklusif. Dari tantangan datanglah perubahan, jadi mari kita semua memilih untuk menantang.

Momen memperingati IWD, Direktur Aceh Women’s for Peace Foundation (AWPF) Irma Sari,SHI menyebutkan moment perjuangan umtuk perempuan dalam pemenuhan hak-haknya.

“Kita melihat masih banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan khususnya kekerasan seksual yang terjadi di Aceh/kabupaten Bener Meriah yang di dampingi oleh AWPF” Jelas Irma.

Pun demikian, Irma juga mewakili suara Perempuan Aceh berharap ada kebijakan khusus dalam hal ini UU untuk penanganan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan yaitu penghukuman yang tepat terhadap pelaku kekerasan seksual (KS) dan pemenuhan hak korban (pemulihan  dan perberdayaan utk korban).

Terakhir, aktivis perempuan berharap pemerintah daerah untuk lebih memberikan perhatian khusus untuk issue-issue perempuan semisal dialog interaktif dan penganggaran). Melalui peringatan IWD ini, kami juga mendorong Pemerintah Pusat untuk segera mengesahkan rancangan undang-undang penghapusan kekerasan seksual (RUU PKS), Demikian papar Irma. (*)
×
Berita Terbaru Update