Notification

×

Iklan

Iklan

Kopi Mengkudu Produksi Warga Langsa

Selasa, 13 April 2021 | 13.37 WIB Last Updated 2021-04-13T06:47:47Z

Olahan buah mengkudu untuk dijadikan bubuk kopi

Gemarnews.com, Langsa - Kalau mendenggar kata kopi, siapa yang tak mengenal kopi yang sudah sangat pupuler di telinga semua kalangan orang tua maupun remaja saat ini. 

Kopi sendiripun memiliki banyak spesies atau jenisnya seperti kopi arabika gayo, kopi robusta, kopi arabika toraja, dan masih banyak lagi jenis-jenis yang lain. 

Berbeda dengan pasangan suami istri di langsa ini membuat terobosan baru yakni kopi mengkudu yang banyak khasiat dan manfaat.

Ide pasangan Hadijah dan Sopyan membuat trobosan bubuk kopi buah mengkudu sangatlah efisien  mengingat banyaknya orang yang sudah tidak bisa menikmati kopi dikarenakan penyakit yang dideritanya, seperti orang penderita asam lambung, penyakit komplikasi dan lain sebagainya.

Mendenggar banyak khasiat serta manfaatnya siapa yang tidak tergiur dan ingin mencoba si kopi buah mengkudu dengan banyaknya kelebihan yang di berikan oleh kopi tersebut. 

Dengan adanya kopi buah mengkudu ini, sebagian dari semua orang yang memiliki alasan tertentu tidak bisa mengkonsumsi kopi kini sudah bisa menikmati kopi kembali, walaupun rasanya sedikit berbeda dengan kopi pada umumnya namun, kopi buah mengkudu ini dapat memulihkan sedikit dari banyaknya rasa rindu akan kopi.

Bukan dari segi rasa saja yang hampir menyamai rasa kopi, kopi dari buah mengkudu ini juga menawarkan manfaat dirinya yang sangat menggiurkan semua orang  yakni manfaat yang kita dapatkan dari mengkonsumsi kopi ini yaitu dapat menggobati sakit pinggang, menggobati lambung, menghilangkan pegal-pegal, menggobati batu karang, mencegah kangker, anti mikroba, menghindari kerusakan otak akibat strok, menurunkan kolesterol, mengobati arthritis, serta dapat juga mencegah demam.

Dari banyaknya penyakit yang bisa di sembuhkan oleh kopi buah mengkudu ini siapa yang tidak ingin mengkonsumsi kopi ini, apalagi dari kalangan orang tua pasti ini yang mereka cari-cari. Dan kopi ini pun bisa dikonsumsi oleh semua kalangan baik itu pria,wanita maupun anak-anak.

Adapun proses pembuatan kopi buah mengkudu ini yakni dari, pemetikan buah yang sudah matang, lalu dirajang di Rajang dengan tipis dan di jemur dibawah matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering mengkudu disangrai menggunakan wajan tebal di atas api besar setelah itu di diamkan hingga dinggin dan proses selanjutnya, buah mengkudu yang sudah kering di haluskan menggunakan mesin penggilingan, setelah melalui serangkaian proses di atas maka akan didapatkanlah serbuk buah mengkudu yang siap di kemas dan siap digunakan.

Usaha trobosan baru dari pasangan suami istri ini belum di katagorikan lama karena mereka memulainya pada bulan april 2020, usaha ini berjalan kurang lebih baru 1 tahun. Walaupun ibu hadijah dan bapak sopyan belum memiliki karyawan serta pengolahan yang serba masih manual serta tempat produksinyapun masih di rumah mereka sendiri, tidak menggurangi sedikitpun rasa semangat merintis usaha mereka, dilansir dari baranewsaceh.co, Selasa (13/4/2021).

Karna menginggat kondisi negara sedang di serang oleh wabah corona yang membuat pak sopyan kehilangan pekerjaanya dan seperti yang kita tau bersama sangatlah susah mencari pekerjaan di masa pandemi serta ibu hadijah sendiri hanyalah seorang ibu rumah tangga membuat mereka berfikir keras untuk merintis usaha ini, serta dari buah mengkudu ini sendiri yang mudah di dapatkan mempermudah pasangan suami istri ini untuk mendapatkan bahan pokok utama dari proses pembuatan kopi buah mengkudu.

Namun sebagian orang ada juga yang berangapan bawah tanaman mengkudu ini adalah tanaman penganggu atau hama, karna memang bau si buah mengkudu yang sudah matang tidak enak di hidung yang membuat mereka menebang dan membasmi tanaman yang kaya akan manfaatnya ini.

Andai mereka tau akan manfaat yang terkandung di dalam buah mengkudu ini, mungkin saja mereka tidak akan membasmi tumbuhan ini atau bahkan mereka akan berlomba-lomba untuk membudidayakan tumbuhan mengkudu ini. Karna seperti yang kita tau begitu banyaknya khasiat serta manfaat bila kita mengkonsumsi si buah mengkudu ini, hanya saja tergantung bagaimana cara kita untuk menggolah si buah bau ini menjadi olahan atau minuman yang nikmat.

Dan siapa yang menyangka usaha dari ibu hadijah dan bapak sopyan dengan membuat kopi dari buah mengkudu kini sudah di pasarkan bukan hanya pada wilayahnya saja namun sudah ada beberapa pembeli dari luar kampung atau  wilayahnya dan termasuk sudah sampai juga ke kota melaboh, biasanya kalau ada pemesan dari luar kota mereka mengkemas dengan rapi si kopi buah mengkudu ini lalu mereka akan mengirimnya lewat jasa mobil L300 atau mobil jumbo yang melintas ke sana.

Dan bagi pemesan di sekitaran wilayahnya, biasanya mereka akan datang langsung ke rumah kediaman beliau yang bertempat tinggal di Gp. Batee Puteh Dusun. Syuhada  Kec. Langsa Lama Kota langsa, Kontak Person : 0823 6707 9412 bagi yang ingin memesan dan tidak sempat menbeli lansung kerumah, ibu hadijah beserta suami bapak sopyan siap mengantar ke sekitaran wilayah Batee Puteh dan Kota Langsa.

Bagi yang di luar daerah yang ingin memesan bisa lansung menghubungi kontak person yang sudah di lampirkan di atas dan mengirim data yang sesuai dengan domisili tempat tinggalnya, guna pesanan sampai ke tujuan yang benar.

Dan soal rasa kopi buah mengkudu ini sudah tidak di ragukan lagi rasanya hampir sama seperti kopi susu apalagi bisa di konsumsi oleh berbagai macam kalangan bukan hanya anak muda saja namun wanita, anak semua bisa menkonsumsi si kopi buah mengkudu ini, selain rasanya yang nikmat kita juga akan mendapatkan berbagai macam khasiat.

Dan untuk masalah harga, ibu hadijah dan suami bapak sopyan membandrol harga bubuk kopi buah mengkudu hanya sebesar 10.000 per kemasanya dengan berat 1 ons, dengan harga segitu dan menginggat proses pembuatan dan peracikan yang bisa memakan waktu dan proses yang lama, saya rasa itu harga yang cukup merakyat. Nah, dengan harga yang merakyat kita sudah bisa menikmati kopi mengkudu yang kaya akan manfaat ini, dan yang ingin memesan banyak juga bisa dan jika ada yang ingin memesan banyak lansung menghubungi kontak person mereka.

Karna menginggat proses pembuatanya yang lama dan ibu hadijah dan suami bapak sopyanpun  hanya membuat bubuk kopi buah mengkudu ini sesuai pesanannya saja, jadi sebelum membeli kita harus memesanya terlebih dahulu baru akan dibuat.

Bubuk kopi buah mengkudupun siap anda nikmati baik tanpa penambahan gula maupun dengan penambahan gula sesuai selera anda, serta rasakan juga berbagai manfaat  yang baik buat kesehatan tubuh anda maupun kesehatan keluarga anda, apalagi saat ini kita sedang di landa virus corona yang bisa menganggu kesehatan kita jadi minuman kopi mengkudu ini sangat rekomendet buat menjaga kesehatan anda dan keluarga anda. (**)


×
Berita Terbaru Update