Notification

×

Iklan

Iklan

Tradisi Menyambut Ramadhan

Minggu, 11 April 2021 | 20.44 WIB Last Updated 2021-04-11T13:44:26Z

Proses pemantauan hilal, Sidang Isbat untuk penetapan awal Ramadhan
Gemarnews.com, Nasional -  Selalu disambut penuh suka cita oleh umat Islam. Bulan yang paling ditunggu ini menjadi momen istimewa untuk dirayakan. Tiap daerah memiliki tradisi dan keunikan tersendiri dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Di berbagai daerah di Indonesia, Ramadan disambut dengan sejumlah aktivitas. Kegiatan-kegiatan ini menjadi tradisi turun temurun yang masih dilakukan hingga saat ini. Tradisi menyambut Ramadan di Indonesia berinti pada mensucikan diri, saling bermaafan, dan menjalin silaturahmi.

Bulan Ramadan memang harus disambut dengan penuh kegembiraan. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (Hadis shahih, dan diriwayatkan oleh An –Nasa’i)

Berikut tradisi menyambut Ramadan di berbagai daerah di Indonesia, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (5/4/2021). (*)

Sumber : Liputan6

×
Berita Terbaru Update