Notification

×

Iklan

Iklan

Antisipasi Peningkatan Virus Corona di Abdya, Tim Gugus Covid 19 Gelar Rakor

Jumat, 21 Mei 2021 | 19.24 WIB Last Updated 2021-05-21T12:24:09Z

Gemarnews.com, Blangpidie - terjadinya peningkatan pasien reaktif Corona di kabupaten Aceh barat daya saat ini membuat tim gugus covid 19 menggelar rapat di aula oproom Setdakab Aceh barat daya, Jumat (21/5/2021).

Rapat koordinasi yang dipimpin oleh sekretaris daerah (sekda) Aceh barat daya itu berlangsung pada pukul 15.00 wib.

Dalam rapat tersebut semua SKPK yang hadir selanjutnya memaparkan situasi dan kondisi masing masing sesuai dengan tugas dan fungsi dalam tim gugus tugas Covid 19 Aceh barat daya.

Dinas kesehatan yang langsung di hadiri oleh kepala dinas kesehatan Safliati, ST M.Kes menjelaskan bahwa saat ini kondisi riil dilapangan untuk masalah vaksinasi terdapat 435 orang untuk semua SKPK yang masih belum di vaksin tahap ke 2, maka kadis kesehatan ini mengharapkan agar semua jajaran pegawai pemerintah tersebut dapat segera di vaksin.

"Ada sekitar 435 orang lagi yang belum melaksanakan vaksin, itu tersebar di semua SKPK dan harapan kita semua pegawai pemerintah tersebut harus segera divaksin, ini penting karena kita adalah contoh bagi masyarakat" kata safliati

Sementara itu direktur rumah sakit umum Teungku pekan (RSUTP) Abdya dr. Ismail muhammad Sp.B menjelaskan bahwa saat ini angka pasien meningkat terutama gejala Infeksi saluran nafas (ISPA) dan juga demam yang masuk melalui instalasi gawat darurat (IGD), untuk pasien yang dirawat diruang isolasi pinere saat ini ada 12 orang dan angka tersebut bisa saja berubah setiap harinya berdasarkan pemeriksaan.

" Kita saat ini sudah ada pasien yang reaktif covid 19 dan dirawat di ruang pinere sebanyak 12 orang, angka ini akan terus berubah sesuai dengan pemeriksaan dokter, bisa jadi nantinya pasien akan dipulangkan selanjutnya melakukan isolasi mandiri di rumah" kata dr. Ismail muhammad yang biasa dipanggil dengan nama ismuha ini.
Dia juga mengatakan bahwa dengan banyaknya warga yang berobat dengan gejala ISPA dan demam ini hendaknya tim gugus menyediakan tenda diluar RSUTP agar screning atau pemeriksaan pasien yang bergejala ini bisa terpisah sehingga tidak menular ke pasien yang lain.

Sementara itu sekretaris daerah Aceh barat daya Drs Thamrin mengharapkan agar pelaksanaan penanganan covid 19 ini benar benar serius, apalagi saat ini kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker sudah mulai berkurang sehingga menjadi lengah dan cendrung mengabaikan protokol kesehatan.

"Kita harus bekerja sama dengan baik, apapun kendala dilapangan harus dikoordinasikan sehingga pelaksanaan kegiatan dilapangan tidak terkendala, libatkan semua sektor baik TNI dan Polri maupun Satpol PP, sehingga petugas dan tim satgas covid 19 merasa aman dan leluasa dalam menjalankan tugas" kata Thamrin.

Turut hadir dalam rapat tersebut sekda Abdya, assisten II, dinas kesehatan, BPBK, Dir. RSUTP, Perwakilan dari Dandim 0110 Abdya, perwakilan dari Kapolres Abdya, dinas sosial, dinas perhubungan serta dinas terkait lainnya. (*)
×
Berita Terbaru Update