Notification

×

Iklan

Iklan

Berburu Sate Kambing Meureudu Jelang Berbuka

Minggu, 09 Mei 2021 | 14.54 WIB Last Updated 2021-05-09T07:54:16Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Keunikan warga Aceh saat berburu menu berbuka puasa, aceh memang banyak keunikan nya di bidang kuliner seperti mie aceh / ayam tangkap dan sate gurita hingga lokasi lokasi wisata regili yang memiliki daya tarik wisatawan asing datang ketanah rencong Aceh.

Namun kali ini ada satu kuliner khas Kabupaten Pidie Jaya, Aceh yang membuat warga ketagihan setelah menikmati nya, sehingga saat di buka warung ini banyak pengunjung berdesak desakan dan berebutan ingin membeli nya, sate pada umum mengunakan daging sapi yang di potong kecil- kecil dan di tusuk mengunakan tusukan lalu di bakar mengunakan arang hingga matang dan di lumuri bumbu kacang dan kecap manis.

Kendati kali ini ada sate yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dan memiliki daya tarik pembeli, di karenakan daging nya sate nya terlalu besar besar dan di tujuk seperti sate pada umum nya, sate ini di jual di jalan revolusi kota meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Sate ini juga hampir persis dengan sate sate  sapi pada umum nya, namun sate kambing ini satu tusukan di beri tiga daging kambing jantan yang telah di siapkan sehingga terlihat besar besar daging nya.

Ishak pemilik warung sate kambing jantan jumbo menyatakan bahwa pada hari biasa dia menjual setiap hari nya hanya satu ekor kambing jantan saja di karekan di jual nya hanya sampai siang hari.

Namun di bulan puasa kali ini sate kambing jumbo milik nya laris manis setiap hari nya bisa menghabiskan tiga atau empat ekor kambing jantan yang di bakar, bahkan para pembeli pun mulai menunggu sate nya dari jam satu siang.

Tetapi pada bulan puasa sate kambing jumbo milik bang don ini di jual biasa sekitar pukul empat sore, karena antrian nya pun mulai padat karena banyak warga lebih enu berbuka puasa.

sate ini setelah di bakar mengunakan arang hingga matang,dan akan di iris iris kecil kecil lalu di campurkan dengan lumuran bumbu kacang yang sudah ada nya rempahan khas tanah rencong aceh.

jhony rahmad salah seorang pembeli menyebutkan bahwa dirinya hampir setiap sore membeli sate daging kambing jumbo ini, di karena rasa nya yang gurih serta nikmat dan tektur daging nya pun empuk serta mudah di kunyah.

satu porsi daging kambing jumbo ini tanpa nasi biasa akan di jual hanya dua puluh lima ribu rupiah, namun apabila mengunakan nasi maka akan di bandrol mencapai tiga puluh ribu rupiah satu porsi nya pluS kuwah kari kambing.

selain menjual sate kambing jumbo warung kecil ini juga menjual berbagai menu nasi briyani khas kota meureudu, di antara nya nasi briyani pakai bebek, ayam, daging kambing dan sate kambing jumbo. (*)
×
Berita Terbaru Update