Notification

×

Iklan

Iklan

Masyarakat Rhieng Blang "Meuleumak" Bersama

Minggu, 16 Mei 2021 | 18.51 WIB Last Updated 2021-05-16T11:51:15Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Setiap momentum lebaran, ada hal tampil beda di Gampong Rhieng Blang, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Di mana, pemuda dan masyarakat di sana setiap lebaran memasak makanan khas atau dikenal dengan meuleumak untuk santapan bersama semua kalangan masyarakat.

"Tanpa terasa kini telah berada di hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh atau dikenal bulan silaturahmi. Di mana kita saling merajut kembali nilai ukhuwah di antara sesama. 

Setidaknya itulah makna dari kegiatan para pemuda dan masyarakat gampong Rhieng Blang dalam acara "meuleumak," ucap Keuchiek Rhieng Blang, Yusrizal, Minggu (16/5/2021).

Setiap momentum lebaran, ada hal tampil beda di Gampong Rhieng Blang, Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Di mana, masyarakat di sana setiap lebaran memasak makanan khas atau dikenal dengan meuleumak untuk santapan bersama semua kalangan masyarakat.

"Tanpa terasa kini telah berada di hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh atau dikenal bulan silaturahmi. Di mana kita saling merajut kembali nilai ukhuwah di antara sesama. 

Menurutnya, masyarakat sudah menjadikan acara meuleumak yang diprakarsai para masyarakat gampong dan perantau sebagai agenda tetap tahunan. "Minimal setahun sekali, setidaknya rasa ukhuwah dan kebersamaan terajut lewat momentum ini," harap Yusri.
 
Yusri menambahkan, dengan acara ini bukan hanya pemuda saja terlibat tetapi semua elemen masyarakat baik pemuda, tokoh masyarakat, juga para anak-anak serta perempuan. Namun pemuda hanya sebagai ujung tombak.
 
"Kami berharap pemuda itu agent of change (agen perubahan) dalam kebaikan dan perbaikan masyarakat serta menjadi motor penggerak dalam merekatkan ukhuwah dan persatuan," sambungnya.(**)
 

×
Berita Terbaru Update