Notification

×

Iklan

Iklan

Meningkat Setiap Minggu, Permintaan ikan ke Pijay

Rabu, 05 Mei 2021 | 11.52 WIB Last Updated 2021-05-05T04:52:08Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Kabupaten pidie Jaya adalah merupakan salah satu daerah pesisir pantai yang berada di kawasan tanah rencong aceh yang memiliki kekayaan alam yang melimpah dari segi kelautan, tambak dan perkebunan yang luas.

Namun dari hasil tangkapan ikan para nelayan di laut yang melimpah maka setiap minggu nya pemerintah kabupaten pidie jaya melalui dinas kelautan dan perikanan mengirim puluhan ton ikan ke seluruh pulau jawa dan Sumatera.

Beginilah proses pengiriman ikan setiap minggu nya oleh pemerintah kabupaten pidie jaya, aceh,  ikan ikan ini nanti nya akan di kirim ke seluruh pulau jawa terutama ke ibu kota indonesia yaitu jakarta.

Ikan tongkol ini merupakan hasil tangkapan para nelayan yang berada di kabupaten pidie jaya, aceh, ikan ikan segar yang telaH di bekukan di dalam ruang pendingin ( cold strage) yang besar agar tetap menjaga kualitas nya terjamin hingga sampai ketujuan nanti nya.

pemerintah kabupaten pidie jaya, Aceh, melalui dinas kelautan dan perikanannya setiap seminggu mengirim puluhan ton ikan Hampir ke seluruh pulau jawa, bahkan sumatera utara medan.

bahkan selama pandemi covid - 19 kali ini permintaan ikan pun terus meningkat, ikan ikan segar setelah di bersihkan isi perut nya ini di masukkan kedalam plastik dan di bekukan di dalam lemari pendingin milik pemerintah setempat.

sementara itu agus rianto sebagai pengelola cold storage menyebutkan bahwa setiap minggu nya ikaN ikan hasil tangkapan nelayan ini di kirim ke jakarta dengan ukuran zsembilan hingga sepuluh ton per minggu.

hal itu tergantung dari permintaan dan kualitas nya, saat ini karena hasil tangkapan nelayan melimpah maka harga pun berkisar rata rata hanya dari tiga belas ribu rupiaH sampai lima belas ribu rupiah perkilogramnya.

sementara itu kepala dinas kelautan dan perikanan pidie jaya, burhanuddin, menyebutkan bahwa pengiriman ikan keluar provinsi aceh sudah berjalan lancar dan sudah sangat lama, bahkan pengiriman nya hampir merata ke seluruh pulau jawa.

namun paling banyak permintaan IKAN biasanya ke kawasan sumatera UTARA medan berupa ikan tongkol, bawal dan berbagai ikan lainnya dari hasil tangkapan nelayan pidie jaya, aceh khusus nya.

ikan ikan ini di kirim keluar aceh KE pulau jawa sana di karenakan HASIL nelayan yang melimpah dan AKIBAT kebanjiran stok ikan di kabupaten pidie jaya, aceh, selain ikan nya melimpah pemerintah juga terus menjaga kualitas harga ikan agar nelayaN bisa hidup sejahtera dengan terus mengirim ikan keluar daerah.

ICS ( Instegreted Coolstorige )merupakan Aset DKP Pidie Jaya yang merupakan Bantuan dari APBN tahun 2017. Sudah produksi dan sudah ditetapkan PAD 50 juta per Tahunnya yang langsung distor ke kas Negara. (**)
×
Berita Terbaru Update