Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Pemberdayaan Terhadap Masyarakat

Senin, 31 Mei 2021 | 16.23 WIB Last Updated 2021-05-31T09:23:25Z

Oleh : M. Aulya Rizqa
Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Syiah Kuala

Gemarnews.com - Konsep pemberdayaan mencakup pengertian pembangunan masyarakat (community development) dan pembangunan yang bertumpu pada masyarakat (community-based development). 

Kita juga harus tahu terlebih dahulu apa arti dan juga makna dari keberdayaan dan pemberdayaan . 

Keberdayaan dalam konteks masyarakat adalah kemampuan dari setiap individu yang bersenyawa dalam masyarakat dan membangun keberdayaan masyarakat yang bersangkutan. 

Dan memberdayakan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Bisa disebut juga memandirikan atau memampukan masyarakat . 

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan juga martabat golongan paara masyarakat yang sedang kondisi miskin, sehingga mereka dapat melepaskan diri dari  kemiskinan dan keterbelakangan. 

Dengan pemberdayaan kita dapat membangun kemampuan masyarakat, dengan mendorong, memotivasi, untuk mengembangkan potensi itu menjadi tindakan nyata. 

Salah satunya untuk membangun perekonomian desa. Di desa tidak hanya semata mata membangun infrasruktur karena tidak semua atau tidak ada masyarakat yang dapat menggunakan atau mengoperasikan nya, jadi masyarakat juga sangat butuh yang namanya pemberdayaan . 

Karena dengan pemberdayaan masyarakan dapat mengoperasikan infrasruktur dan juga dapat membangun usahanya sendiri tidak semata mata menunggu bantuan dari pemerintah. 

Terkait kewenangan pemerintah daerah aceh dalam mengembangkan berbagai gagasan , ide, inspirasi dan inovasi untuk menemukan kebijaksanaan yang efektif dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat . 

Kabupaten Gayo Lues sebagai salah satu daerah otonom di Provinsi aceh . Salah satu program yang di jalankan adalah program bantuan sosial yang diberikan pemerintah dari tahun ke tahun yaitu memberikan bantuan kepada petani dengan berbagai komoditi melalui kelompoktani, namun hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Karena kondisi pemberdayaan ekonomi yang diperoleh selama ini kurang efektif, maka Pemerintah Kabupaten Gayo Lues terus berupaya untuk membuat solusi dan mencari komoditi yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan bisa menjadi produk andalan daerah, dan salah satu jenis komoditi yang dipilih adalah jenis tanaman serai wangi. (*)
×
Berita Terbaru Update