Notification

×

Iklan ok

Selama Ramadhan, PMI Banda Aceh Kumpulkan 1.280 kantong darah

Selasa, 11 Mei 2021 | 22.08 WIB Last Updated 2021-05-11T15:08:36Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah, melakukan  kegiatan donor darah yang dipusatkan di tempat-tempat keramaian seperti rumah ibadah, kantor partai politik, dan warung kopi, Selasa (11/5/2021)

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman mengatakan, aksi kemanusiaan yang dilakukan pihaknya selama Ramadhan berakhir pada Minggu (9/5/2021)

Kegiatan ini dimulai sejak malam ketiga Ramadhan hingga minggu malam. Alhamdulillah darah yang terkumpul 1.280 kantong," 

Jumlah tersebut diperoleh dari 70 tempat yaitu di 40 masjid yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, 28 warung kopi, satu kantor partai politik, dan satu gereja.

"Partisipasi warga lumayan juga, walau belum maksimal, kita setiap malam turun tiga tim untuk tiga tempat donor," ujarnya.

Aksi donor darah dilakukan setelah pelaksanaan shalat tarawih. Secara umum golongan darah yang banyak terkumpul adalah golongan A, B, dan O.

Memang kita mendapatkan 1.280 kantong tetapi kebutuhan darah setiap harinya minimal 100 kantong darah untuk melayani rumah sakit yang ada di Banda Aceh, Aceh Besar, Calang dan Sabang," ungkap Qamaruzzaman Hagny.

"Di luar pendapatan tadi juga ada pendonor yang datang langsung ke PMI terutama setelah berbuka puasa, malah karena emergensi pagi dan siang pun ada beberapa yang datang," ungkapnya. 

Termasuk Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga ikut berdonor dalam bulan puasa ini. Untuk memudahkan pasien kami menyediakan call center 08116815800," sebut Qamaruzzaman Hagny.

PMI Kota Banda Aceh berterima kasih kepada pendonor darah, baik kepada jamaah tarawih di masjid dan mushalla serta warung kopi yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. (**)
×
Berita Terbaru Update