Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Dari Kemendikbud RI Kunjungi Rumah Adat Aceh Berumur 200 tahun Di Pidie Jaya

Rabu, 05 Mei 2021 | 11.38 WIB Last Updated 2021-05-05T04:38:01Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Tanah rencong aceh memiliki beragama keunikan kebudayaannya tempo dulu terutama seperti yang di miliki kabupaten Pidie Jaya / Aceh / mereka miliki rumah adat aceh yang berumur sekitar dua ratus tahunan lebih yang di dirikan di kawasan lahan ruang terbuka hijau di komplet perkantoran cot trieng, kecamatan meureudu, kabupaten pidie jaya, aceh.

kedatangan rombongan di rektur perfilman, musik dan media baru dari kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia ke kawasan rumah adat aceh milik pemerintah kabupaten pidie jaya pada selasa 04 mei 2021 sekitar pukul 02.00 wib siang untuk melihat langsung keunikan rumah tersebut.

kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) republik indonesia berencana akan menguatkan pendidikan mengenai sejarah jalur rempah, hal ini sebagai salah satu cara agar jalur rempah menjaadi nominasi warisan budaya dunia oleh unesco.

namun kali ini direktur perfilman, musik dan media baru kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia melakukan kunjungan ke aceh, namun yang di kunjungi salah satunya yaitu rumah adat aceh milik kabupaten pidie jaya yang berumur sekitar 200 tahunan dengan ukuran rumah sepuluh kali dua belas meter yang didirikan dilahan seluas 3300 meter / atau setengah hektar.

kedatangan rombongan ini ke kabupaten pidie jaya, aceh, pada selasa 04 mei 2021 sekitar pukul 02.00 wib siang, rombongan di sambut oleh kepala bidang kebudayaan pidie jaya, marzuwan, di lokasi mereka bisa menyaksikan keindahan rumah adat aceh itu dengan view yang begitu indah karena berdirinya tepat di tengah tengah kolam dengan panorama alam yang masih alami di kelilingi hamparan persawahan.

selain memiliki view indah rumah adat aceh ini juga memiliki corak ukiran kayu yang mengunakan tangan masa tempo dulu,  di samping rumah adat ini juga ADA nya satu ikon pidie jaya yaitu bubei besar yang berdiri tegak yang biasa di gunakan sebagai tempat berswafoto pengunjung yang datang.


sementara itu irini dewi wanti dari balai pelestarian nilai budaya aceh menyebutkan bahwa rombonganya yang datang kali ini dari pihak kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia untuk melakukan survey jalur rempah di ACEH.

namun kebetulan di kabupaten pidie jaya, aceh, memiliki meuseum rumah adat aceh yang sudah berumur sekitar 200 tahunan lebih yang berdiri indah dengan view yang sangat menawan di lahan ruang terbuka hijau milik pemerintah setempat.

menurut irini dewi wanti bahwa meuseum itu merupakan pusat informasi bagi budayawan, ternyata di pidie jaya memiliki rumah yang sudah berumur dua ratus tahun lebih, maka dia berharap kedepannya bagaimana cara pengelolaannya menjadi lebih menarik secara penataan dan juga koleksi nya di perbanyak.

ikut dalam rombongan itu irinI dewi wanti dari balai pelestarian nilai budaya (bpnb) aceh, ahmad mahedra di rektur perfilman, musik dan media baru dari kemendikbud, Ananto kusuma seta juga dari kemendikbud dan nurmatia dari balai pelestarian cagar budaya (bpcb) aceh. (**)
×
Berita Terbaru Update