Notification

×

Iklan ok

Illiza Sa'aduddin Djamal. Rencana Pemerintah Menerapkan PPN pada Sekolah Swasta Belum Tepat

Minggu, 13 Juni 2021 | 14.28 WIB Last Updated 2021-06-13T07:28:48Z
Dok.foto : Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Illiza Sa'aduddin Djamal 
 


GEMARNEWS.COM. BANDA ACEH - Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Illiza Sa'aduddin Djamal menyayangkan Rencana Pemerintah  memungut pajak pertambahan nilai (PPN) pada jasa pendidikan. Sabtu (12/6)
pajak pertambahan nilai (PPN) pada jasa pendidikan, seperti tertuang  dalam draf Rancangan Undang-Undang Revisi UU No 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Illiza Sa'aduddin Djamal mengatakan “Rencana pemerintah ini tentu akan memberatkan lembaga pendidikan swasta seperti Paud, Perguruan Tinggi dan Bimbel dimana lembaga-lembaga tersebut notabene kesulitan dalam pembiayaan pendidikan.”
Bukan hanya itu, penerapan PPN di sekolah swasta juga akan memberatkan para orang tua siswa karena akan berdampak pada kenaikan biaya pendidikan di sekolah swasta
Kami menilai, tindakan pemerintah ini juga akan mematikan lembaga-lembaga pendiddikan swasta. Dengan memberikan PPN akan membuat pendidikan swasta kalah bersaing dan mematikan kreativitas mereka sehingga berdampak pada penurunan kualitas pendidikan lembaga swasta. 

Kata Illiza Sa'aduddin
Rencana pemerintah ini tentu bertentangan dengan Pasal 31 UUD 1945 ayat (1)  Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Kemudian ayat (2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP ini juga menambahkan Oleh karena itu, kami meminta kepada pemerintah untuk mengurungkan niat ini, apalagi  di tengah masa pandemi covid-19 perekonomian masyarakat sangat memprihatinkan. Tutup Illiza Sa'aduddin. (Agusnaidi)
×
Berita Terbaru Update