Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Fauzi Yusuf Buka Pelatihan Aplikasi SIGAP,Latih 852 Operator Gampong

Kamis, 24 Juni 2021 | 17.07 WIB Last Updated 2021-06-24T10:07:54Z

LHOKSUKON (Gemarnew.com)- Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf membuka kegiatan pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP), sekaligus menyerahkan piagam penghargaan Lomba Gampong Tingkat Kabupaten, berlangsung di Convetion Hall Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Kamis, 24 Juni 2021.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asistem Pemerintahan Sekdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, para Kepala SKPK, para Camat, para Kasie Pemerintahan dari seluruh kecamatan, Tenaga Ahli Pendamping Desa, para geuchik, serta para operator SIGAP gampong.

 Wakil Bupati Fauzi Yusuf dalam arahannya mengatakan Pemkab Aceh Utara sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan pemanfaatan aplikasi SIGAP yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan KB (DPMPP dan KB) Kabupaten Aceh Utara. 

“Kegiatan ini sangat penting karena masih ada tumpang tindih terkait data informasi yang kita sampaikan. Maka dengan adanya aplikasi ini kita harap informasi yang kita berikan riil sesuai dengan kenyataan lapangan,” kata Fauzi.

Aplikasi SIGAP ini, kata Fauzi, merupakan salah satu program andalan Pemerintah Aceh yang merupakan turunan dari Program Aceh Hebat yang dikemas dalam Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT), bertujuan terbangunnya satu kesatuan informasi data terpadu di level Pemerintah Aceh dan Kabupaten.

Aplikasi SIGAP ini diharapkan dapat menjawab tantangan kebutuhan data yang riil, di mana kondisi saat ini masih dihadapkan pada persoalan data yang belum akurat sehingga masih terjadinya tumpang tindih dan overlaping pembangunan.

“Operator gampong menjadi ujung tombak dari keberhasilan program pembangunan data terpadu ini, karena keabsahan dan keakuratan data–data informasi yang diinput inilah yang akan menjadi output dari aplikasi ini,” kata Fauzi.

Terdapat beberapa menu utama yang tersedia di dalam aplikasi ini, yakni profil desa dan pemerintah desa, produk hukum, dokumen perencanaan pembangunan, kependudukan dan data kemiskinan gampong yang juga dapat dimonitor di level kecamatan, kabupaten dan provinsi.
Selain menu utama tersebut, di dalam Aplikasi SIGAP juga telah disediakan beberapa menu tambahan yang dapat mempermudah pemberian pelayanan bagi masyarakat gampong, seperti surat menyurat, dan data statistik lainnya.
Untuk itu, Fauzi meminta kepada para operator gampong agar benar–benar memanfaatkan pelatihan tersebut sehingga bisa menguasai aplikasi dengan sebaik-baiknya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Aceh Utara Fakhruradhi, SH, MH, mengatakan kegiatan pelatihan SIGAP dimaksudkan mengikuti amanah Undang-Undang, wajib menyampaikan informasi publik. Dalam hal ini aplikasi SIGAP telah memuat informasi kependudukan, informasi data kemiskinan gampong, informasi rencana anggaran. 
“Dengan adanya aplikasi tersebut, maka di gampong dapat meneruskan informasi ke kabupaten dan sebaliknya, juga informasi penting lainnya yang bisa diinformasikan kepada semua elemen masyarakat,” kata Fakhruradhi.

Kata dia, pelatihan aplikasi SIGAP ini akan melatih sebanyak 852 orang operator gampong berasal dari seluruh gampong di Aceh Utara. Untuk tahun ini pihaknya melatih 762 operator dibagi dalam 20 angkatan. Sisanya 146 operator lagi akan dilatih tahun depan. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terlaksana sesuai harapan kita semua, sehingga semua gampong di Aceh Utara tersedia tenaga SDM untuk operator SIGAP,” harapnya.
Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengumumkan para pemenang Lomba Gampong Tingkat Kabupaten tahun 2021. Masing-masing Juara I Gampong Pante Kecamatan Syamtalira Aron, Juara II Gampong Cot Girek Kecamatan Cot Girek, Juara III Gampong Alue Badee Kecamatan Simpang Keuramat. Berikutnya Juara Harapan I Gampong Tanjung Dama Kecamatan Lapang, dan Juara Harapan II Gampong Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu.

“Saya mengucapkan selamat kepada para Juara Lomba Gampong tahun 2021 ini. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara berharap agar Aceh Utara dapat memperoleh juara di ajang Lomba Gampong Tingkat Provinsi nantinya, mudah-mudahan juga dapat berjaya di Lomba Gampong Tingkat Regional, bahkan Nasional,” kata Wabup Fauzi Yusuf usai menyerahkan sertifikat dan penghargaan kepada para pemenang.(Raj)
×
Berita Terbaru Update