Notification

×

Iklan

Iklan

152 Tagana Abdya di latih Tracer covid - 19, ini harapan Kapolres Abdya

Kamis, 29 Juli 2021 | 20.28 WIB Last Updated 2021-07-29T13:28:40Z

Gemarnews com, Blangpidie - Dalam mengantisipasi penyebaran virus covid 19 maka polisi resort (Polres) Aceh barat daya melakukan pelatihan Tracer (pelacak contak) covid 19 yang bertempat di aula Mapolres Aceh barat daya pada Kamis, (29/7/2021).

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 152 relawan Tagana Gampong dilatih cara melakukan Tracer untuk penyintas virus Corona yang ada di wilayah desa mereka masing masing.

Kapolres Aceh barat daya AKBP Muhammad Nasution SIK menjelaskan di acara pembukaan kegiatan Tracer covid 19, bahwa kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk melacak para keluarga atau masyarakat yang kontak langsung dengan pasien covid 19 sehingga bisa lebih cepat diketahui sebelum menyebar dan menularkan virus mematikan ini.

"Pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di kabupaten Aceh barat daya, kita ketahui bersama saat ini kabupaten kita masih di zonasi kuning yang artinya wilayah Abdya berada di bawah resiko rendah, namun walaupun demikian kita akan terus mempersempit ruang gerak penyebaran covid 19 salah satunya adalah melakukan pelatihan petugas Tracer untuk melacak keberadaan masyarakat ataupun keluarga yang pernah bersentuhan dengan pasien covid 19, sehingga bisa cepat di antisipasi penyebarannya" kata Kapolres Abdya.

Dirinya juga menjelaskan kepada seluruh peserta Tagana Gampong agar selalu menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan, apalagi saat ini sudah ada varian virus baru yang mengancam masyarakat Indonesia yang bernama virus Corona varian delta.

"Alhamdulillah untuk kabupaten Aceh barat daya saat ini virus Corona varian delta belum ada informasi  yang kita terima masyarakat yang terinfeksi terhadap virus jenis baru ini, makanya kita harus selalu menjaga diri dan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan kita sehari hari" lanjut pak kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK.

Adi yanto (29) salah satu relawan Tagana dan sebagai peserta pelatihan Tracer covid 19 di aula Mapolres Abdya menjelaskan bahwa dirinya sangat senang bisa terpilih sebagai petugas Tracer di desanya karena saat ini penyebaran virus covid 19 cukup cepat apalagi banyak sekali yang terinfeksi tanpa gejala (OTG), dengan pengetahuan yang sudah di latih menjadi seorang Tracer maka dirinya akan selalu memantau dan mencari serta melaporkan kepada pihak kesehatan untuk segera mendapatkan perawatan.

" Saya senang sekali mengikuti kegiatan ini, walaupun cuma 1 hari pelatihannya, namun materi yang kami terima cukup bermanfaat dan berguna bagi diri kami sendiri dan masyarakat, insyallah kami siap bekerja sama dengan Babinsa dan babinkamtibmas untuk menjadi petugas Tracer, terima kasih kepada Polres Abdya yang sudah melakukan kegiatan ini" kata Adi yanto.

Turut hadir dalam kegiatan ini 152 relawan Tagana Gampong selaku peserta, Kapolres beserta jajarannya dan juga di hadiri oleh para narasumber dari dinas kesehatan Aceh barat daya.(YG)
×
Berita Terbaru Update