Notification

×

Iklan

Iklan

Durian Abdya Panen, Harga Terjangkau

Senin, 12 Juli 2021 | 23.00 WIB Last Updated 2021-07-12T16:00:21Z

Gemarnews.com, Blangpidie - Musim Panen durian di Aceh barat daya saat ini sangat membantu perekonomian sebagian masyarakat yang terimbas covid 19, Senin ( 12/7/2021)

Masyarakat aceh barat daya mulai memasuki panen durian di beberapa kecamatan, terutama wilayah kecamatan bahbarot, lembah sabil, tangan tangan dan sebagian di kecamatan setia serta Blangpidie.

Panen buah berduri tersebut sangat membantu perekonomian pentani duren apalagi saat ini beberapa hari lagi akan memasuki lebaran idul Adha.

"Alhamdulillah, kami bersyukur saat ini sedikit terbantu dengan adanya musim durian yang sudah mulai jatuh atau panen, sedikit tidak bisa membantu perekonomian keluarga di tengah pandemi saat ini" kata Asmadi seorang petani durian Desa suka damai kecamatan lembah sabil.

Dirinya juga menjelaskan, meskipun durian saat ini sudah mulai panen, namun tidak sedikit juga durian yang kualitasnya kurang manis akibat cuaca yang saat ini masih didominasi oleh hujan, sehingga banyak buah yang hambar atau tidak manis, dan juga sebagian dari buah durian yang masih muda jatuh tertiup angin, belum lagi Buah yang busuk.


" Memang tidak semua buah duriannya manis, sebagian ada yang hambar, sehingga daya beli agak sedikit kurang" lanjut Asmadi.

Saat ini rata rata harga dipasaran Blangpidie masih berkisar Rp.10.000 Sampai dengan 30.000 per buah , tergantung besar kecilnya, sedangkan harga di petani sendiri jika dibeli langsung dari Rp.8.000 sampai dengan 15.000 itupun tergantung kualitas duriannya.

" Permintaan cukup tinggi, biasanya para agen langsung membeli ke para petani durian dengan harga murah, nanti agen tersebut akan menjualnya kembali ke kota Banda Aceh atau ke Medan, sumatera Utara" kata Asmadi .(YG)
×
Berita Terbaru Update