Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Program Unggulan Boarding School MAN 1 Pidie Jaya (Mandasi)

Jumat, 03 September 2021 | 12.53 WIB Last Updated 2021-09-03T05:53:01Z

Gedung Asrama

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Madrasah Aliyah Negeri Satu Pidie Jaya (MAN 1) merupakan sekolah dengan sistem pendidikan berasrama (Boarding School) MAN I Pijay adalah model satuan pendidikan jenjang menengah atas di bawah naungan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia yang memadukan Pendidikan Agama Islam de­ngan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai ciri khas utamanya.

Keunggulan MAN ini dengan sekolah lain pada umumnya adalah pertama, pengembangan kurikulum dan pembelajaran mengacu pada standar mutu di atas standar nasional pendidikan dan berbasis keunggulan lokal; kedua, dikelola berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan dukungan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten; ketiga, fasilitas pembelajaran yang memadai, fasilitas kesehatan, keamanan, dan kenyamanan; keempat, peserta didik wajib tinggal di asrama yang dikelola secara profesional; dan kelima, peserta didik wajib berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab di lingkungan Madrasah.

Kepala Madrasah MAN Salahuddin menjelaskan kepada Gemarnews.com, (3/9/2021) bahwa, ada beberapa program unggulan yang dikembangkan di MAN Pidie Jaya diantaranya.

Pertama, program tahfidz Qur`an dan baca kitab kuning serta pembinaan keagamaan di asrama. Kedua, program penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Ketiga, program studi kolaboratif. Keempat, program pengabdian masyarakat. Keempat program inilah yang menjadi program unggulan di MAN 1 Pidie Jaya .

“Ada empat program unggulan yang kita kembangkan di MAN Satu Pidie Jaya, yaitu tahfidz Qur`an dan Baca Kitab Kuning serta pembinaan keagamaan di asrama, KTI, studi kolaboratif, dan pengabdian masyarakat. Dari program unggulan tersebut kita jadikan sebagai acuan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) tambahan kita,” jelas Salahuddin.

Selain itu, untuk tahun ini kita menggratiskan siswa yang tinggal di asrama.

“Lulusan MAN 1 Pijay kita arahkan pada pemenuhan kompetensi di perguruan tinggi, makanya di sini kita kembangkan KTI dan program pengabdian masyarakat. Selain itu, kita juga mengadakan bimbingan intensif SBMPTN untuk kelas XII agar mereka lebih siap mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi favorit,” paparnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Pidie Jaya, Ahmad Yani saat ditemui di ruang kerjanya, menyampaikan kita sangat mendukung pogram unggulan madrasah yang terus mengembangkan sistem pendidikan bermutu di Pijay.

Penyelenggaraan MAN sebagai madrasah berasrama (boarding school) adalah komitmen riil Kementerian Agama dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing. 

"Jangan sampai anak-anak dalam wilayah Pidie Jaya ini tidak dapat menemukan madrasah unggul yang menjadi dambaan bagi mereka," tuturnya kepada Gemarnews.com.

Kehadiran Madrasah unggul ini diharapkan akan mendekatkan akses masyarakat Pijay terhadap pendidikan madrasah berkualitas. 

Lebih lanjut dikatakan Ahmad Yani, ikhtiar membangun MAN unggul juga bertujuan menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif, dan mempunyai landasan iman dan takwa kepada Allah SWT, katanya.

Kita mengajak seluruh masyarakat dan pemerintah untuk menyukseskan adanya Boarding School MAN 1 Pidie Jaya. Lembaga yang merupakan sinergi antara pendidikan madrasah dan pondok pesantren yang akan melahirkan ulama-ulama dan ilmuwan yang cerdas dan berakhlak mulia serta berjiwa Pancasila. (*)

×
Berita Terbaru Update