Notification

×

Iklan

Iklan

Peduli Situs Sejarah, TNI bersama Masyarakat Bersihkan Areal Makam Lamuri

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16.11 WIB Last Updated 2021-10-28T09:11:05Z

Dok.foto : Personel TNI dari Kodim 0101/Aceh Besar, Hubdam IM dan Pos AL Malahayati dan Masyarakat membersihkan makam Kerajaan Lamuri Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar .
 


GEMARNEWS.COM , ACEH BESAR - Sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian Situs Cagar Budaya, Personel TNI dari Kodim 0101/Aceh Besar, Hubdam IM dan Pos AL Malahayati bersama masyarakat melaksanakan Karya Bakti pembersihan di seputaran situs makam Kerajaan Lamuri Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (27/10/2021).
 
Bati Tuud Koramil 05/Mesjid Raya Serma Rusydi yang ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kebersamaan dalam bentuk Karya Bakti TNI dengan masyarakat untuk menumbuhkan jiwa sosial dan semangat gotong royong sebagai bentuk penghormatan dan melestarikan Situs Cagar Budaya.
 
“Ini kita lakukan untuk menumbuhkan jiwa sosial sebagai bentuk penghormatan dalam menjaga dan memelihara kebersihan makam orang-orang tua atau para leluhur,” ungkapnya.
 
Situs peninggalan kerajaan Lamuri yang berada di Aceh Besar ini adalah sebuah bukti pusat perdagangan penting pada masa itu, dikarenakan letak geografisnya yang strategis.
 
“Maka dari itu, dengan ini bisa sebagai pesan moral dalam menjaga situs cagar budaya, khususnya situs cagar budaya Kerajaan Lamuri yang memiliki kekuatan luar biasa sejarah Kerajaan Aceh,” tambahnya.
 
Seperti diketahui, bahwa Lamuri merupakan sebuah kerajaan yang terletak di daerah Kabupaten Aceh Besar dengan pusatnya di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya. Kerajaan ini adalah Kerajaan yang lebih dahulu muncul sebelum berdirinya Aceh Darussalam tepatnya pada Abad ke 9 (*)
×
Berita Terbaru Update