Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Bener Meriah Kunjungi UTU Bahas Tindak Lanjut MoU Pengembangan Ternak Madu dan Program Beasiswa

Kamis, 07 Oktober 2021 | 10.14 WIB Last Updated 2021-10-07T03:14:13Z


Gemarnews, Aceh Barat - Pelaksana Tugas Bupati Bener Meriah Dailami diwakili Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si beserta rombongan melakukan kunjungan ke Universitas Teuku Umar Meulaboh dalam rangka memenuhi Undangan Rektor Universitas Teuku Umar terkait Implementasi Hasil MoU Antara Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dengan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh Rabu, (06/10/21).

Kerjasama yang akan dibangun adalah dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pendidikan, yaitu Program Pengembangan Ternak Madu Kelulut di Kabupaten Bener Meriah dengan Pilot Project Kampung Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah dan Program Beasiswa Bagi Siswa Siswi Lulusan SMA/Sederajat Kabupaten Bener Meriah yang akan melanjutkan kuliah di Universitas Teuku Umar.

Rombongan Sekda Bener Meriah langsung disambut oleh Rektor UTU beserta jajaran di Gerbang Utama Kampus UTU, selanjutnya rombongan dibawa menuju Taman Herbal milik UTU yang ditanami dengan berbagai macam tanaman obat dan juga tempat dimana penangkaran Madu Kelulut yang nantinya akan di kembangkan di Kp. Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.

Perjalanan dilanjutkan menuju Taman Wifi tepat di depan Gedung Kuliah Terintegrasi Kampus UTU dengan konsep taman terbuka di atas rawa.

Sebelum Memasuki Ruang Pertemuan, rombongan dibawa terlebih dahulu mengelilingi Kampus UTU yang terintegrasi berikut fasilitasnya yang langsung dipandu oleh Rektor UTU. 

Rektor UTU juga  menjelaskan dengan panjang lebar sejarah awal mula berdirinya UTU, Master Plan Pembangunan UTU, Konsep Pembelajaran, Prestasi yang diraih sampai dengan sejarah Pahlawan Nasional asal Aceh Barat “Teuku Umar” yang dijadikan nama Universitas tersebut disampaikan langsung oleh Rektor UTU pada saat di Ruang Museum Teuku Umar UTU.

Kampus ini berjumlah 700 Mahasiswa yang datang dari seluruh Indonesia seperti Papua, Kalimantan, Sumatera Barat dan Sumut. Luas lokasi total 94 Hektare dengan fokus pada konsep Pembangunan Industri Berbasis Agro dan Kelautan dan memiliki 6 Fakultas.

Kemudian pertemuan dilaksanakan di Ruang Rapat Senat UTU, yang dihadiri oleh Para Wakil Rektor dan Para Dekan.

Dalam sambutannya Rektor UTU Prof. DR. Jasman J.Ma’ruf,SE,MBA menyampaikan bahwa terkait tujuan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dalam bidang pendidikan, UTU akan menjamin kelulusan calon mahasiswa yang mendaftar ke UTU melalui program BIDIKMISI dengan ketentuan Anak Yatim dan Kurang Mampu asal Kabupaten Bener Meriah, mengingat selama ini persentase mahasiswa di UTU adalah dari luar Aceh, bahkan dari Kabupaten Bener Meriah hampir tidak ada selama ini, kalaupun ada sangat sedikit.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah kepada tim yang ikut dalam kegiatan ini menekankan bahwa apa yang sudah dibahas dan dibicarakan pada pertemuan tersebut harus disambut dengan aksi nyata. 

"Sehingga ini menjadi PR kepada kita semua melalui OPD masing-masing agar merealisasikan apa yang sudah kita sepakati bersama," pesan Sekda. 

Selanjutnya hasil diskusi mengembang pada beberapa program lainnya seperti akan adanya MoU antara Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah tentang Praktek Mahasiswa/i Kesehatan Masyarakat di Puskesmas-puskesmas Kabupaten Bener Meriah. 

Begitu juga dengan Fakultas Pertanian yang berharap kedepannya ada mahasiswa dari Kabupaten Bener Meriah yang bisa langsung magang di Kabupaten asal dalam mengolah kopi di koperasi-koperasi kopi.

Sebagai penutup Sekretarsi Daerah menyampaikan kedepan juga mungkin dapat diwacanakan peningkatan kerjasama dalam Assesmen JPT Eselon II Pemkab Bener Meriah dan terakhir Sekretaris Daerah mengucapkan terima kasih banyak atas sambutan dan layanan yang luar biasa oleh pihak UTU terhadap rombongan Pemkab Bener Meriah. 

Hadir dalam rombongan Sekda, Asisten Administrasi dan Umum; Kepala Bappeda; Kepala Dinas Pendidikan; Kepala Dinas Kesehatan; dan Kepala Cabdin Pendidikan. (*)

Editor : Zakiya Mahe Bujang
×
Berita Terbaru Update