Notification

×

Iklan

Iklan

Air laut pasang,Puluhan Rumah di Gampong Jawa Terendam Air Akibat Banjir Rob

Sabtu, 06 November 2021 | 00.56 WIB Last Updated 2021-11-05T17:56:51Z

Dok foto: puluhan warga dusun bengkel kelurahan Gampong Jawa saat melihat banjir rob masuk ke rumah mereka.


Aceh Timur-puluhan rumah warga di kelurahan Gampong Jawa,kecamatan Idi Rayeuk kabupaten Aceh Timur,terendam air akibat banjir rob.Dok foto: Seorang anak mandi di depan teras rumah.


Berdasarkan pantauan awak media,pada Jum'at malam (6/11/2021), sekitar pukul 24:30 WIB tampaknya ada beberapa warga yang didominasi oleh ibu-ibu lagi membersihkan rumah mereka akibat kemasukan air laut serta beberapa anak-anak ada yang sedang berenang dalam air banjir tersebut.Dok foto: Warga dusun bengkel kelurahan Gampong Jawa berharap sungai di seubok sigim dikeruk karna sudah dangkal.


Yuyun Salah satu warga yang rumahnya kemasukan air laut akibat banjir rob ini, menuturkan, air laut mulai naik di rumahnya sekitar pukul 09.00 WIB disebabkan air laut pasang serta sungai yang berada di belakang rumahnya juga sudah dangkal Akibatnya, sejumlah rumah warga terendam air laut termasuk rumahnya.


Kebetulan rumah yang ia tempati dekat sungai seunoboek sigim."Sudah tiga malam rumahnya terendam air laut. Air laut masuk sampai ke dalam kamar. Ketinggian air ini setinggi lutut. Tadi juga sempat kami bersama anak-anak mandi di depan teras rumah," ujar Yuyun.


Ia mengaku sampai saat ini rumahnya masih terendam air laut. "Air laut sudah surut ini baru kami bersihkan rumah. Kalau sebentar malam atau besok air laut pasang lagi, mau tidak mau, kami harus tidur sementara di rumah keluarga, jelas Yuyun.


"Kami warga dusun bengkel kelurahan Gampong Jawa  berharap, ada perhatian dari pemerintah untuk bisa melakukan pengerukan sungai di desa kami yang berbatasan dengan desa kede Aceh.Sehingga apabila hujan deras dan air pasang rumah mereka tidak terendam lagi.Pungkasnya.


Sementara kepala desa (Keuchik) Gampong Jawa M.Nasir, mengatakan, tidak heran kalau sejumlah rumah warganya terendam air laut. Menurut dia, banjir rob ini sudah menjadi langganan setiap tahunnya.


"Setiap tahun warga di sini mengeluh.Kami akan berupaya untuk menyampaikan kepada muspika kecamatan Idi Rayeuk perihal adanya sungai yang dangkal untuk mencari solusi.(Ddi/Zoel).

×
Berita Terbaru Update