Notification

×

Iklan ok

BPN Aceh Timur gelar sosialisasi pencegahan kasus pertanahan tahun 2021

Rabu, 24 November 2021 | 11.06 WIB Last Updated 2021-11-24T04:07:38Z
Dok foto: BPN Aceh Timur gelar sosialisasi pencegahan kasus pertanahan di hotel royal Idi Rayeuk kabupaten Aceh Timur.


Gemarnews,com.Aceh Timur- Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur, M.Taufik, SSi.M.M  membuka acara Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan, Selasa  (21/11/2021) di the hotel royal Aceh Timur.


Kegiatan ini diikuti oleh unsur Forkopimda, dan jajaran, para Camat, beberapa Kades/Lurah setempat.


 M.Taufik, S.Si.M.M menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar sebagai salah satu instrumen dari Kementerian ATR/BPN dalam upaya mencegah dan menekan permasalahan pertanahan di masyarakat, dimana dalam ruang lingkup permasalahan tanah itu terbagi atas tiga, yakni sengketa, konflik dan perkara.


"Kita bangun sinergi terpadu dengan kepolisian, kejaksaan, LSM, Ormas, Insan Pers dan unsur lainnya dalam melakukan upaya nyata pencegahan sengketa, konflik dan perkara tanah ini," ungkapnya.


Ditambahkannya bahwa melalui kegiatan ini akan disampaikan pula hasil pemetaan potensi kasus yang kemudian dirumuskan rencana aksi pencegahannya, termasuk strategi pencegahan terhadap oknum mafia tanah yang dapat memalsukan surat bukti tanah.


"Untuk itu melalui ruang ini kita bangun diskusi dengan para stakeholder khususnya camat, kades/lurah, dan Notaris terhadap berbagai kondisi riil masalah pertanahan yang dialami di lapangan", jelasnya.


Lanjutnya juga menyampaikan bahwa saat ini Kementerian ATR sementara membangun sistem pengarsipan data tanah berbasis elektronik.


"Jadi data tanah ini mulai 2021 akan kita arsipkan pula ke dalam sistem aplikasi pertanahan yang dapat diakses secara terbuka," ungkapnya.


Selain materi disampaikan oleh Kakan Pertanahan Aceh Timur, juga hadir selaku narasumber dari Polres Aceh Timur yang di wakili oleh Kasat Reskrim Akp. Miftahuda Dizha Fezuono, S.I.K., 

Kajari Aceh Timur Semeru, S.H., M.H. serta

Praktisi Hukum Kota Langsa H. Awaluddin SH, SpN, M.H.

Wartawan:Ddi Zoel.

×
Berita Terbaru Update