Notification

×

Iklan ok

Dua Mahasiswa Teknik Kimia USM Harumkan Nama Baik Perguruan Tinggi diajang Talenta Inovasi Indonesia

Senin, 08 November 2021 | 17.45 WIB Last Updated 2021-11-08T10:45:56Z
Dok Foto : Ka. Prodi Teknik Kimia Dr. Saisa, MT


Gemarnews.com, Banda Aceh - Program Talenta Inovasi Indonesia Tahun Ajaran 2021 telah diumumkan nama-nama peserta yang lolos tahap seleksi substansi. 

Ajang kompetisi nasional yang di ikuti oleh lebih dari ribuah mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia yg memberikan ide kreatifnya dalam ajang talenta inovasi ini mampu di raih oleh 2 orang mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (USM), siapa mereka? 

Salah satu sering di sapa Ferdi (Ferdius Rudia) dan satu lagi Algi (Algifari Jabbar) mereka tekun dalam mempersiapkan ide kreatif yg nantinya akan dituangkan dalam bentuk inovasi PATEN.

Dalam rangka program talenta inovasi indonesia 2021 tahap yang harus dilalui adalah tahap administrasi dan tahap substansi. 

Pada tahap administrasi peserta yang lolos sebanyak 1.078 mahasiswa dari 2.214 mahasiswa yg mengusulkan dan ditahap substansi 817 mahasiswa yang lolos dua diantaranya adalah mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik USM. 

Perjalanan pengusulan program Talenta Inovasi ini yaitu sebanyak 5 mahasiswa Teknik Kimia USM mengikuti program tersebut pada skema publikasi jurnal internasional berputasi sebanyak 3 mahasiswa dan di skema produk inovasi PATEN yang siap di terapkan di masyarakat sebanyak 2 mahasiswa.  

Berdasarkan hasil pengumuman seleksi substansi pada tanggal 07 November 2021 menunjukkan bahwa Universitas Serambi Mekkah mampu bersaing ditingkat Nasional maupun Internasional. Adapun skema Inovasi PATEN yang digagaskan oleh Ferdius Rudia yaitu berupa produk inovasi yang siap diterapkan di masyarakat berjudul "Sabun transparan antioksidan dari ekstrak bunga telang" dan Algifari Jabbar dengan skema produk inovasi yang siap diterapkan di masyarakat berjudul "Produk Inovasi nanopartikel Magnetik didoping polimer PVDF/rGO sebagai bahan material baterai lithium". 

Kegiatan persiapan ini secara ekstra dibimbing oleh seorang Dosen yang juga merupakan Ketua Program Studi Teknik Kimia yaitu bapak Dr. Saisa, ST. MT. Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yaitu Universitas Serambi Mekkah secara keseluruhan dan Fakultas Teknik secara khusus yang di pimpin oleh ibu Dr. Irhamni, ST., MT., IPM. 

Semoga Universitas Serambi Mekkah lebih mampu unggul dalam berbagai ajang lainnya yang di perlombakan baik di tingkat Nasional maupun Internasional. (*)
×
Berita Terbaru Update