Notification

×

Iklan ok

Mahasiswa KKN Unimal Sosialisasikan SADARI, Warga Sangat Antusias

Senin, 29 November 2021 | 07.18 WIB Last Updated 2021-11-29T00:18:09Z


Gemarnews.com, Lhokseumawe - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN)  027 UNIMAL melaksanakan kegiatan edukasi SADARI (PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI) bersama seluruh warga terkhusus kepada ibu-ibu Desa Meunasah Alue Pada Kamis (11/11/21). 

SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) merupakan langkah awal yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengetahui kondisi payudaranya, dengan melakukan pemeriksaan mandiri. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pemeriksaan payudara mandiri untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

Alasan kelompok KKN 027 mengambil program kerja ini karena mengingat masih kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gejala-gejala dan penyebab dari kanker payudara serta masih banyak remaja putri atau ibu yang belum mengetahui tentang pemeriksaan SADARI ini padahal hal itu sangat penting bagi mereka.

Sosialisasi SADARI dilakukan dengan sistem kunjugan kerumah warga yang terdiri dari beberapa rumah Desa Meunasah Alue. Di setiap rumah kita menjelaskan tentang langkah-langkah pemeriksaan SADARI dan tindakan pencegahan lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari kanker payudara. 

Selain itu kami juga menceritakan pengalaman yang ternyata menarik perhatian ibu-ibu dan remaja putri di sana. Banyak ibu-ibu yang akhirnya bertanya seputar prosedur pengobatan tumor payudara sampai perawatan pasca operasi. 

Selama kita memberikan penjelasan tentang pemeriksaan SADARI, ibu-ibu dan remaja putri tampak sangat antusias dalam mendengarkan. Tidak sedikit pula yang bertanya tentang hal yang mereka belum pahami. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah tentang cara melakukan SADARI apabila sudah tidak menstruasi lagi (menopause). 

Edukasi ini diterima sangat baik oleh warga setempat. Kami Kelompok KKN 027 berharap hal tersebut dapat membantu remaja putri dan ibu di Desa Meunasah Alue untuk lebih waspada dan peduli terhadap kondisi kesehatan mereka.

Kelompok 027 yang dibimbing ibu Desvina Yulisda, S.St.,M.S. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bekerja sama dalam kegiatan pelatihan ini. Kegiatan ini juga telah diberi izin oleh Dhiyauddin, S.STP, M.AP selaku geuchik Desa Meunasah Alue.

Kelompok 027 beranggotakan Ariel, Ghina, Zahra, Euis, Mita, Lutfi, Putri, Ummi  yang diketuai oleh Ridho bekerja sama untuk memberikan edukasi mengenai SADARI dengan harapan masyarakat lebih mengetahui apakah terdapat kelainan pada payudara sejak dini agar dapat diberikan tindakan secepatnya. (*)

×
Berita Terbaru Update