Notification

×

Iklan

Iklan

Wine Anggur & wine durian lndonesia

Selasa, 02 November 2021 | 09.00 WIB Last Updated 2021-11-02T02:00:02Z

Penulis : Nasrul Hakim
Pengiat Durian Indonesia

Gemarnews.com, Opini - Wine adalah minuman produk fermentasi yg berasal dari buah anggur yg diambil sarinya dan diproses sedemikian rupa sehingga menjadi minuman beralkohol. Secara umum wine memiliki kandungan alkohol 5,5-18%.

Salah satu merk wine asal lndonesia yg cukup terkenal dan telah memiliki berbagai penghargaan internasional adalah Hatten. Hatten memiliki kebun anggurnya sendiri seluas 40 ha di pulau Bali bagian utara.

Hatten adalah salah satu kisah sukses dari perkebunan anggur & produk turunannya di lndonesia dan telah pula beroleh tempat yg layak pada pasar internasional. Durian, adalah salah satu komoditas buah yg dewasa ini memiliki laju pertumbuhan pembudidayaan yg cukup pesat di lndonesia berkat kehadiran varietas² unggul yg telah mendunia, terkhusus Musang King & Ochee yg berasal dari Malaysia.

Tentunya market buah segar utuh yg ingin disasar oleh para pekebunnya. Bentuk lain yg cukup memungkinkan adalah pasta daging durian beku, sebagai alternatif dari bentuk sediaan buah yg memiliki tingkat keawetan jangka yg lebih panjang dari buah segar.

Di masa mendatang potensi dari buah durian dapat diperluas lagi seiring besaran kuota panen yg semakin membesar. Wine durian adalah salah satu kemungkinan yg menarik disamping minuman lain yg sejenisnya seperti Liqueur, Whisky Durian dlsb. Saat ini produk turunan dari durian berupa wine, liqueur dan sejenisnya telah diproduksi di Malaysia dan dijual dengan harga yg cukup menarik di market Singapura. 

Tentunya market produk turunan durian akan semakin meluas dan membesar kuotanya, dengan demikian akan terus menambah potensi peluang dari budidaya durian di lndonesia di masa mendatang. Durian akan menjadi salah satu unsur pendukung dari penerimaan devisa negara dan besar kemungkinan akan semakin mensejahterakan para pekebunnya dan semua pihak yg terkait dengan industri penunjangnya serta produk-produk turunannya.

Semoga.
×
Berita Terbaru Update