Notification

×

Iklan

Iklan

Buat Terobosan Baru, Kemenag Pijay Gelar Perkemahan Madrasah

Minggu, 26 Desember 2021 | 03.08 WIB Last Updated 2021-12-26T00:36:09Z


Gemarnews.com, Pidie Jaya - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pidie Jaya menggelar acara Perkemahan Pramuka Madrasah pertama (Camp Madrasah). Acara itu diikuti siswa tingkat MTs dan MA seluruh Pijay.

Camp Madrasah ini di laksanakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke - 76 tahun, dilaksanakan mulai tanggal 25-27 Desember 2021, di Lokasi bumi perkemahan MAN1 Pidie Jaya. 

Kegiatan yang melibatkan Madrasah se Kabupaten Pijay ini merupakan pertama di Kabupaten terkenal dengan khas kuliner ini.

Kepala kantor Kemenag Pijay, Ahmad Yani, kepada Gemarnews.com, Sabtu (25/12/2021) mengatakan kita mempunyai komitmen dan perhatian yang besar untuk ikut berpartisipasi dalam membentuk kepribadian generasi muda yang berkarakter melalui kegiatan kepramukaan.

Menurutnya, Pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Tujuan yang diinginkan adalah meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan bagi Pramuka Penggalang (MTs) dan Pramuka Penegak (MA), memupuk rasa persaudaraan dan Imtaq, memupuk rasa cinta tanah air dan mengembangkan kreatifitas siswa.

"Perkembangan madrasah di Pijay dalam kurun waktu terakhir cukup pesat." Jelasnya.

Sementara Ketua Kwarcab Pijay, H Said Mulyadi melalui Wakil ketua Bina Muda Kwarcab, Islamuddin kepada Gemarnews.com, ia mengapresiasi kegiatan perkemahan pramuka Kemenag Pijay.

Menurutnya, pramuka dianggap sebagai wahana pembentukan karakter siswa. Pasalnya, dalam pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerjasama, solidaritas, mandiri dan keberanian.

Hal ini kiranya sebagai penyeimbang kegiatan pembelajaran dalam kurikulum formal yang lebih berorentasi pada ranah kognitif dan psikomotorik.

Islamuddin juga menyebutkan jika pramuka dapat melatih mental siswa yang kuat.

Melalui pramuka, siswa dibekali dengan sikap mental yang tangguh seperti disiplin, berani, loyal, bertaggung jawab dan sifat-sifat lainnya sebagaimana yang terdapat dalam dasa dharma pramuka,” ujarnya.

Ia berpesan agar peserta perkemahan dapat menjaga kebersamaan, persatuan, hubungan silaturahmi dan kekeluargaan.

“Berkemah sambil memperbanyak teman adalah hal yang jauh lebih baik dan lebih mertabat,” katanya.(*)

×
Berita Terbaru Update