Notification

×

Iklan ok

Kepala BPBD Aceh Timur Himbau Masyarakst Waspada Curah Hujan Deras

Selasa, 21 Desember 2021 | 22.11 WIB Last Updated 2021-12-21T15:20:51Z


Gemarnews com.Aceh Timur - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur menghimbau masyarakat agar rutin mengecek dan membersihkan selokan untuk mencegah terjadinya banjir pada Selasa (21/12/2021).


Disampaikan oleh Kepala BPBD Kabupaten Aceh Timur,Ashadi,jika selama 2 bulan kedepan diperkirakan cuaca akan cukup ekstrem.


"Beberapa waktu lalu, dari BMKG juga sudah sempat memberi tahu hal tersebut, oleh karena itu masyarakat harus lebih berhati-hati,"ujarnya saat ditemui awak media


Sementara itu, ia juga meminta masyarakat untuk jangan membuang sampah sembarangan, terutama ke dalam selokan.


Menurutnya alangkah lebih baiknya jika masyarakat memilah-milah sampah rumah tangga, karena bisa saja masih ada yang dapat digunakan dan didaur ulang.


Dia menjelaskan, berdasarkan data laporan rutin dari kecamatan dan hasil kajian BPBD Aceh Timur, rawan bencana"Selain karena berada di dataran rendah dan adanya penyumbatan di saluran air.


Lebih lanjut, ia juga meminta masyarakat untuk menebang pohon-pohon yang sekiranya sudah berumur tua dan tidak kokoh lagi.


"Sebagai antisipasi saja, takut ada angin besar dan pohon tersebut tumbang menimpa bangunan ataupun orang,"katanya.


Selain itu, penebangan pohon yang sudah tua pun dilakukan untuk menata lahan sehingga bisa ditanami dengan bibit pohon yang masih baru.


Ashadi, mengakui jika dalam 2 bulan ke depan tim BPBD Kabupaten Aceh Timur juga akan terus siaga jika ada suatu kejadian.


"Kita ada bentuk tim regu reaksi cepat yang biasanya piket bergantian untuk stand by. Namun, kalau memang dalam situasi urgent, kami akan turunkan sejumlah anggota untuk stand by di lapangan," lanjutnya.


Ia berharap agar masyarakat dapat memahami dan menjalankan betul langkah-langkah mencegah dan mengantisipasi banjir tersebut sehingga tidak ada dirugikan.pungkas  Ashadi kepala BPBD Aceh Timur. (Ddi/Zoel).

×
Berita Terbaru Update