Notification

×

Iklan ok

Konferensi PWI, Pangdam Kasuari Ajak Wartawan Papua Barat Lawan Hoax dan Independen

Jumat, 10 Desember 2021 | 20.55 WIB Last Updated 2021-12-10T14:37:18Z



Gemarnews.com, Manokwari – Wartawan adalah salah satu agen perubahan, dengan mendesain sesuatu agar berubah menjadi baik dan ini sudah tercantum dalam tujuan nasional bagaimana mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kondisi tersebut dicapai dengan tugas kewartawanan salah satunya melalui berita-berita yang di sampaikan, selain itu sebagai salah satu komponen bangsa, jurnalis diharapkan dapat bersama-sama membangun tanah Papua Barat.

Hal tersebut disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., dalam sambutannya saat menghadiri acara Konferensi Kerja II Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat 2021, di Aston Niu Hotel Manokwari, Papua Barat, Jumat (10/12/2021).

Menurut Pangdam, mewujudkan SDM PWI Papua Barat yang berkualitas dan kompeten sangat penting, karena saat ini setiap orang harus memiliki kualitas sehingga bisa menjawab semua tantangan tugas kedepan.

“Jadi tugas rekan-rekan wartawan juga cukup berat, bagaimana mengedukasi masyarakat, menyajikan berita-berita yang sehat jangan sampai masyarakat kita tersesat membaca berita yang begitu banyak”
Ia menambahkan yang paling penting adalah sebagai agen perubahan para Wartawan bertanggung jawab terhadap apa yang  ditulis karena senjata pena saat ini lebih berbahaya dibanding amunisi.

“Kalau senjata pena ini disalahgunakan dengan membuat berita yang menyesatkan, Hoax maka selesai kita, jadi tugas ini sangat berat disamping amanah juga tantangan kita dalam melaksanakan tugas,” ucap Pangdam.

Pangdam juga mengatakan, tugas insan pers juga mengemban tugas moral di mana harus menyajikan berita yang sehat, berkualitas, yang baik bukan menimbulkan situasi menjadi resah karena insan pers juga memberikan peran pendidikan politik bagi masyarakat.

“Insan pers juga sebagai media komunikator yang baik dengan masyarakat, dengan diberikannya kebebasan dan kemajuan pers diharapkan untuk tidak disalahgunakan dan saya berharap rekan-rekan wartawan juga harus mampu untuk melawan berita Hoax, harus independen dan tetap memegang kode etik jurnalistik”.

“Ke depan saya berharap organisasi PWI dapat mengambil langkah strategi kolaborasi karena kita tidak cukup hanya dengan berdialog untuk mengeksekusi tantangan kedepan,” kata Pangdam.

Ikut dalam kegiatan ini, Kajati Papua Barat, Asisten I Setda Papua Barat, Asisten III Setda Kabupaten Manokwari, Kabid Humas Polda Papua Barat dan para Wartawan yang berada di wilayah Papua Barat.(*)

×
Berita Terbaru Update