Notification

×

Iklan ok

KPS FSH UIN Sukses Gelar IMCC Mahkamah Syar'iyah Jantho Award Perdana

Minggu, 19 Desember 2021 | 22.14 WIB Last Updated 2021-12-19T15:30:52Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry telah menyukseskan kegiatan IMCC Mahkamah Syar'iyah Jantho Award perdana periode 2021-2022

Komunitas Peradilan Semu Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry merupakan ormawa Fakultas Syariah dan Hukum yang bergerak di bidang peradilan. Komunitas Peradilan Semu yang di singkat KPS ini tempatnya para Mahasiswa/I Hukum menekuni praktek persidangan, mewadahi Mahasiswa/I untuk lebih aktif belajar tentang peradilan. 

Dalam Art Komunitas Peradilan Semu yang berisikan bahwasanya untuk Juris Muda bergabung di KPS harus terlebih dahulu mampu menampilkan praktek persidangan yang dimana itu merupakan syarat wajib untuk diikuti. 

Perubahan besar ditekuni oleh KPS pada kepengurusan Kabinet Bara Muda pada Periode ini, yang membuat sebuah ajang kerjasama dengan Mahkamah Syar’iyah Jantho untuk kompetisi Internal Moot Court yang diperlombakan se-prodi Fakultas Syariah dan Hukum. 

Dalam perlombaan ini melibatkan Juris Muda angkatan V dan delegasi setiap Prodi di Fakultas Syariah dan Hukum, yaitu Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Hukum keluarga, Hukum Pidana Islam, Hukum Tata Negara, Ilmu Hukum. Dengan jumlah peserta mencakup 120 peserta keseluruhannya yang terdiri dari enam tim. 

“Perlombaan Internal Moot Court Competition ini mendapat dukungan sepenuhnya oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho Ibu Siti Salwa, S.HI, M.H dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Bapak Prof.Dr. Muhammad Siddiq,M.H.,Ph.D. yang telah membantu ikut serta dalam menyuksesakan acara ini.” Ujar Ketua Panitia Muh Akmalul Faizin. 

Akmal juga memberikan informasi kegiatan ini berjalan selama tiga hari berturut-turut, pada pembukaan hari Kamis, 16 Desember 2021 pagi harinya di teater Fakultas Syariah dan Hukum dan siang hari pada pukul 14.00 WIB acara perlombaan dimulai di ruang Moot Court Fakultas Syariah dan Hukum  hingga tanggal 17 Desember 2021. Acara penutupan dan pembagian hadiah pada hari Sabtu, 18 Desember 2021, pukul 20.00 WIB, di Dinas Syariat Islam Aceh. 

Dalam perlombaan ini di dewan jurikan langsung oleh Ibu Fadhlia,S.Sy Hakim, Wira Fadillah, S.H Jaksa Penuntut Umum, dan Ibu Dyna Sofya, S.H Advokat. Dalam Kompetisi Internal ini Juria Muda Tim Hukum Pidana Islam memperoleh juara 1, Juris Muda Hukum Tata Negara juara 2, Juris Muda Tim Ilmu Hukum juara 3. Dan Hakim terbaik di menangi oleh Ilmu Hukum, Jaksa Penuntut terbaik Hukum Pidana Islam A,  Penasehat Hukum Hukum Tata Negara, Penitera Pengganti terbaik Hukum Ekonomi Syariah, Saksi terbaik Hukum Pidana B, dan Terdakwa terbaik Hukum Keluarga. Paparan Ketua Panitia Muh.Akmalul Faizin.
Acara IMCC ini juga memperoleh dukungan dari Kejaksaan Tinggi Aceh, Kejaksaan Negeri Banda Aceh, Kejaksaan Negeri Aceh Besar, Mahkamah Syar’iyah Aceh, Pengadilan Negeri Banda Aceh, Kantor Advokat Akhyar Saputra dan Partners, Kantor Advokat Ritongan dan Partners dan para tamu undangan lainnya yang ikut serta berhadir pada acara pembukaan di Teater Fakultas Syariah dan Hukum dan pada Acara penutupan pembagian hadiah di Dinas Syariat Islam Aceh. 

Ketua Umum Komunitas Peradila Semu Periode ini M.Alvicki Munthe berujar terselangganya acara ini tidak lepas dari bantuan keluarga besar KPS, bantuan Ibu Siti Salwa Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho yang telah membantu suntikan moral, suntikan materi. Alvicki juga menambahkan dengan adanya DPH Sekretaris Umum Farah Fitriani, Wakil Sekretaris Umum Asmira Thebe, Bendahara Umum Fatiya Nurhaliza yang selalu mendampinginya untuk ikut serta menyukseskan acara ini, panitia yang telah membuang waktu, tenaga untuk kegiatan perubahan zona nyaman KPS untuk lebih berjaya. 

Alvicki menambahkan, ketua Panitia Muh.Akmalul Faizin yang juga merupakan Wakil ketua Umum KPS telah berhasil menghandle acara ini dengan sukses yang di dampingi sekretaris Panitia Alfi Syahri dan seluruh panitia yang ikut terlibat menyuksekan kegiatan ini. 

“Alhamdulillah acara ini berjalan sukses, harapan saya dan seluruh pengurus semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membuka gerbang baru untuk Juris Muda KPS agar bisa bertanding di Moot Court Competition Nasional nanti, serta dengan adanya kegiatan ini KPS UIN Ar-Raniry semakin dikenal oleh Mahasiswa/I untuk mengasah akademik di bidang peradilan. Tutup M. Alvicki Munthe Ketua Umum KPS Periode 2021-2022.(*)
×
Berita Terbaru Update