Notification

×

Iklan ok

Persatuan Insiyur Aceh Besar Laksanakan DiskusiPasca Kongres Bali

Minggu, 26 Desember 2021 | 07.53 WIB Last Updated 2021-12-26T00:53:32Z

Gemarnews.com, Aceh Besar - Paska Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Ke-XXII Tahun 2021 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Pengurus Cabang (PC) PII Aceh Besar sebagai inisiator diskusi Pengurus Wilayah (PW) dan PC PII Se-Aceh, berlansung di Sekretariat PII Aceh Besar, Sabtu (25/12/2021).

Diskusi berlangsung dengan tema pentingnya PII bagi para pihak (akademisi, birokrasi dan praktisi, termasuk bagi alumni baru) dan perannya di dunia kerja, ucap Dr. Ir. Taufiq Saidi, M. Eng., IPU.

Menurut Dr. Ir. Taufiq, saat ini di Provinsi Aceh baru 26% (6 PC aktif atau terbentuk) dari 23 PC (Kabupaten/Kota). PC PII yang aktif 6 PC yaitu PC Kabupaten Aceh Besar (0101), PC Kota Lhokseumawe (0103), PC Kota Langsa (0104), PC Kabupaten Aceh Barat (0105), PC Kota Banda Aceh (0109), dan PC Kabupaten Bireuen. 

Paska Kongres PII di Bali, Ketua Pengurus Wilayah (PW) PII Wilayah Provinsi Aceh Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng, juga Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh melalui Dewan Pakar Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng., IPU (Mantan Dekan Teknik USK Periode 2017-2021), menegaskan bahwa beberapa tahun kedepan akan mendorong peningkatan jumlah PC aktif.

Strategi yang akan dijalankan adalah PW dan PC aktif secara bersama-sama mendorong terbentuknya PC yang belum aktif melalui kegiatan/pertemuan/diskusi.

 “Pentingnya peran PII nagi para pihak baik secara lansung maupun online, tegas Taufiq Saidi yang juga Mantan Ketua PC Banda Aceh.

Acara diskusi ini dihadiri oleh PW dan 3 PC aktif yaitu PC Aceh Besar turut hadir Sekretaris Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, Wakil Sekretaris Juliansyah Harahap, ST., M.Sc, Kabid Humas dan Kerjasama Bahagia, ST., MT, Bidang Keanggotaan, Registrasi & Organisasi Muhammad Doudi, M.Si, dan Bidang Pendidikan & Pelatihan Khairul Iqbal, ST., MT.  

PC Lhokseumawe dihadiri lansung oleh Ketua Ir. Rizal Syahyadi, ST., M.Eng.Sc yang saat jni dipercaya sebagai Direktur Politeknik Lhokseumawe dan Muhammad Azhari, SST., MT Bidang Registrasi. 

Pada kesempatan yang sama dari PC Banda Aceh turut hadir Ketua Ir. Purwandy Hasibuan, ST., M.Eng., IPM. dan Ir. Roni Yulianto, ST., MT. sebagai Wakil Ketua I, sedangkan dari Pengurus Wilayah Aceh diwakili oleh Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng., IPU. 

Tiga PC aktif lainnya (Bireuen, Langsa dan Aceh Barat), menyampaikan permohonan maaf kepada pihak inisiator PC Aceh Besar melalui WhatsApp tidak dapat hadir, menginggat padatnya jadwal di akhir tahun.

Ketua PC Aceh Besar Ir. Variadi, ST. M.Eng selaku inisiator acara ini melalui Sekretaris Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, yang saat ini dipercaya sebagai Ketua Jurusan Biologi FMIPA USK dan Koordinator Komunitas Manajemen Hutan Indonesia (KOMHINDO) USK, menyampaikan bahwa pertemuan ini  dapat disepakati beberapa hal penting antara lain: 

1) PW bersama PC siap membantu meningkatkan jumlah PC aktif, 2) PW bersama PC untuk peningkatan kapasitas anggotanya melalui pelatihan/seminar/media lainnya, 3) PW bersama PC memberi informasi tentang “Penting dan Peran PII” melalui pelatihan/seminar/media sosial kepada calon anggota PII, agar calon dan anggota PII  dapat memahaminya secara baik dan utuh, dan 4) PW bersama PC mendorong terbentuknya Pengurus Wilayah Badan Kejuruan (BK) sesuai dengan potensi yang ada saat ini di Wilayah Aceh antara lain BK Teknik Sipil, BK Teknik Mesin, BK Teknik Industri dan BK Teknik Kehutanan.

Pentingnya pertemuan (diskusi) antar PC dan PW baik secara tatap muka maupun daring (online) terus diinisiasi, tegas Dahlan diakhir diskusi santai sambil ngopi bareng (arabika espresso) di Sekretariat PII Aceh Besar, Gampong Rukoh Darussalam. []

Wartawan : Bahagia Ishak
×
Berita Terbaru Update