Notification

×

Iklan ok

Api Padam Damkar Datang, Ini Kata BPBK Abdya

Senin, 31 Januari 2022 | 00.03 WIB Last Updated 2022-01-30T17:06:02Z
Dok.Foto: Rumah kebakaran di Desa Ladang Neubok, Abdya (Sy.IM)

GEMARNEWS.COM - BLANGPIDIE, Sebanyak dua unit rumah di Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Aceh Barat Daya (Abdya) hangus terbakar hingga jadi arang. Kebakaran itu terjadi sekira pukul 19.10 Wib, Minggu (30/1/2022).

Rumah yang terbakar tersebut milik Hasbi Johan (70) terbakar bagian belakang, sedangkan rumah janda Maimunah (60) habis terbakat menyisakan puing-puing kontruksi bangunan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, armada pemadam kebakaran (damkar) diduga terlambat datang ke lokasi kejadian. Warga terpaksa menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api.

Dok.Foto: Damkar dari BPBK Abdyaa saat akan melakukan pemadaman (Sy.IM)

Kepala BPBK Abdya, Ir. Much Tavip MM mengatakan, kejadian itu terjadi saat pemiliknya tidak berada dirumah karena melaksanakan Shalat Magrib secara berjamaah di masjid setempat.

"Kedua rumah kosong, menurut keterangan yang kita ketahui pemiliknya sedang shalat di masjid," ujar Tavip kepada awak media.

Terkait keterlambatan kedatangan damkar, tambah Tavip, pihaknya terlambat menerima informasi tentang adanya kebakaran dari masyarakat.

"Kita terima informasinya pukul 19.20 Wib, berselang 10 menit sejak kebakaran terjadi. Setelah kita terima informasi, petugas langsung menuju ke tempat kejadian," paparnya.

Dok.Foto: Salah seorang personel Polri di lokasi kebakaran rumah di Desa Ladang Neubok, Abdya (Sy.IM)

Untuk penyebab kebakaran, sambungnya, masih belum bisa dipastikan karena menunggu proses penyelidikan dari petugas.

"Setelah empat unit armada damkar kita kerahkan ke lokasi dibantu TNI-Polri dan warga, api berhasil dipadamkan. 

Untuk sementara ini, sebanyak sembilan jiwa penghuni dari kedua rumah tersebut terpaksa mengungsi kerumah keluarga ataupun kerabatnya.

Dengan musibah tersebut, Kepala BPBK Abdya tak henti-hentinya memberikan himbauan kepada warga agar selalu waspada akan musibah yang bisa terjadi kapan saja.

"Musim kemarau seperti ini hendaknya kita selalu waspada, jangan bakar sampah sembarangan apalagi di dekat rumah. Siapkan air di rumah secukupnya untuk jaga-jaga," pungkas Much. Tavip terkait kebakaran di Abdya.

Editor : Teuku Rahmat
×
Berita Terbaru Update