Notification

×

Iklan ok

Dukung Gerakan Zakat Indonesia, Gubernur Aceh Terima Anugerah BAZNAS Award 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 03.16 WIB Last Updated 2022-01-17T20:16:45Z

Gemarnews.com, Jakarta – Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah MT menerima anugerah BAZNAS Award 2022, dalam kategori Gubernur pendukung gerakan zakat Indonesia. Anugerah itu diberikan atas dukungan kepala daerah dari aspek regulasi, pendanaan dari APBD dan sarana prasarana kepada Baitul Mal Aceh.

Dalam rilis yang disiarkan Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh dijelaskan, penganugerahan itu dalam rangka HUT ke-21 Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang digelar di Golden Ballroom, The Sultan Hotel & Residence, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 17 Januari 2022.

Dalam acara yang bertemakan “Menjadi lembaga utama menyejahterakan ummat” tersebut, Ketua BAZNAS Prof Dr KH Noor Achmad, MA menyerahkan langsung anugerah itu kepada Gubernur Aceh serta gubernur Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau dan Kalimantan Timur.

Sementara itu, usai menerima anugerah tersebut, Gubernur Aceh menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS yang telah memberikan penghargaan ini. Karena Aceh sinkron dengan undang-undang dan qanun yang ada di Aceh.

“Bagi kami urusan zakat ini sangat asimetris kita punya lembaga sendiri, undang-undang sendiri. Kemudian ada komisionernya, serta sekretariatnya,” kata Nova.

Selain itu, tambah Nova, Baitul Mal Aceh juga memainkan perannya dalam membuat program yang mengarah penurunan angka kemiskinan yang saat ini tengah berjalan.

“Dalam menurunkan angka kemiskinan, selain program yang regular, kita juga fokus terhadap program-program pemerintah sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM),” ujarnya.

Ketua BAZNAS Prof Dr KH Noor Achmad, MA mengatakan, dalam memperingati HUT BAZNAS memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan mendukung BAZNAS karena telah menyejahterakan ummat melalui BAZNAS Award.

“Pemberian penghargaan kali ini meningkat tajam dibandingkan sebelumnya, karena melibatkan gubernur, bupati, walikota yang mendukung BAZNAS. Kami juga terus memperkuatkan diri dengan berpegang sesuai arahan presiden Jokowi agar kami terus memperkuat diri dengan memperoleh kepercayaan masyarakat,” katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden dan Wakil Presiden yang telah berkenan meluncurkan gerakan cinta zakat yang telah diikuti dan dilanjutkan Gubernur, Bupati dan walikota. Sehingga BAZNAS menjadi lembaga utama pembayaran zakat.

“Kami juga mengucapkan terima kasih secara khusus kepada gubernur yang telah dengan upaya meningkatkan kekuatan BAZNAS dan zakat di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS, karena telah memfasilitasi masyarakat untuk berzakat, membangkitkan kesadaran masyarakat untuk membagi rezeki kepada yang membutuhkan.

“Meningkatkan sosial masyarakat dengan saling berbagi dan peduli, serta memperkuat ekonomi publik,” ujar Jokowi secara virtual. (*) 
×
Berita Terbaru Update