Notification

×

Iklan

Kereta Kargo Korut-China Kembali Beroperasi

Minggu, 16 Januari 2022 | 17.56 WIB Last Updated 2022-01-16T10:56:44Z

Gemarnews.com, China - Kereta kargo Korea Utara-China kembali beroperasi setelah ditangguhkan selama setahun lebih akibat Covid-19. Kereta tersebut melintasi jembatan kereta api Sungai China ke China pada Minggu (16/1).
Diberitakan Yonhap, kereta tersebut berangkat dari Sinuji, Korea Utara dan tiba di kota perbatasan Dandong, China, sekitar pukul 09.10 waktu setempat. Namun kereta tersebut belum dikonfirmasi membawa muatan kargo atau tidak.

Ini menjadi pertama kalinya Korea Utara secara resmi membuka perbatasan dengan China dalam 1,5 tahun terakhir. Sebelumnya, Korea Utara menutup semua program tur untuk warga asing dan memberhentikan pengoperasian kereta penumpang sejak pandemi Covid-19.


"Ini berarti pertukaran material (antara Korea Utara dan China) secara resmi telah berlangsung," kata sumber pemerintah seperti dilansir Yonhap.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa pengiriman pasokan medis dan kebutuhan sehari-hari juga sangat memungkinkan untuk dilanjutkan.

Layanan kereta beroperasi menjelang acara penting seperti Tahun Baru Imlek pada 1 Februari mendatang, pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing pada 4 Februari, dan ulang tahun ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il yang diperingati setiap 16 Februari. (CNN Indonesia)

×
Berita Terbaru Update