Notification

×

Iklan

Polemik Selesai, Khairul Reza Resmi Masuk Bursa Calon Keuchik Panto Cut Abdya

Senin, 14 Februari 2022 | 21.21 WIB Last Updated 2022-02-14T14:22:29Z
Dok.Foto, Muhammad Reza (TR)

GEMARNEWS.COM, BLANGPIDIE - Konflik pengguguran calon Kepala Desa (Kades/Keuchik) di Desa Panto Cut, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, akhirnya menuai titik terang, Senin (14/2/2022).

Walaupun sempat dua kali digugurkan dalam bursa calon keuchik, karena dugaan pemalsuan tanggal legalisir ijazah oleh Panitia Pemilihan Keucik (P2K), kini Khairul Reza ditetapkan sebagai salah satu calon yang akan berkompetisi pada Pilchiksung.

Hasil ini didapat setelah tim yang dibentuk bupati Abdya turun langsung ke desa itu. Dari hasil musyawarah panjang dengan pihak terkait, termasuk P2K di kantor desa setempat, akhirnya berkas calon ini dinyatakan lengkap dan masuk daftar calon.

Asisten l Pemkab Abdya, Amrizal, membenarkan hasil dari musyawarah itu didapati bahwa berkas calon bernama Khairul Reza dinyatakan lengkap dan besok, Selasa (15/2/2022) akan ditetapkan sebagai calon.

"Pada dasarnya kita tidak mencari kesalahan, kita datang untuk meluruskan tentang aturan dan mekanisme Pilkades, bukan desa ini saja tapi seluruh desa," kata Amrizal, usai rapat berlangsung.

Ia menjelaskan, bahwa keputusan tersebut berdasarkan hasil mediasi dan atas kesepakatan bersama. Selain itu, ia berharap agar pelaksanaan Pilchiksung di Desa Panto Cut, Kuala Batee dapat berjalan dengan lancar.

"Kami secara aturan sudah menjelaskan. Tidak ada penafsiran lain-lain. Kalau aturan memenuhi kita lewatkan, kita harus bersikap netral dan independen," tuturnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, puluhan masyarakat Desa Panto Cut, Kuala Batee, yang diketahui merupakan simpatisan salah satu calon kades geruduk kantor camat setempat. Tujuannya, untuk mencari solusi karena P2K desa itu telah mendiskualifikasikan Khairul Reza dalam pilchiksung.

Padahal, menurut mereka calon keuchik yang diusulkan oleh masyarakat tersebut telah melengkapi berkas administrasi pencalonan, namun P2K tetap mengugurkannya. Sebelum melakukan aksinya di Kantor Camat Kuala Batee, massa terlebih dahulu mendatangi kantor P2K yang berada di kantor keuchik setempat.

Polemik ini mendapat perhatian khusus dari berbagai kalangan, baik itu masyarakat, pemerintah, bahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten setempat pun ikut berkomentar.

Kini, Khairul Reza akan ditetapkan sebagai salah satu calon yang akan berkompetisi pada Pilchiksung Desa Panto Cut. Nomor urut 5 menjadi nomor yang akan dipangku dalam ajang pesta demokrasi desa itu.

Editor : Teuku Rahmat
×
Berita Terbaru Update