Notification

×

Iklan ok

Putra Aceh dapat Gelar Tumenggung dari Keraton Solo

Minggu, 27 Februari 2022 | 14.29 WIB Last Updated 2022-02-27T07:29:12Z
Dok.foto : Putra Aceh ,  Razali Ismail Ubit mendapatkan Gelar KRT di Ndalem Kayonan Keraton Surakarta, Jawa Tengah.



GEMARNEWS.COM , SOLO - Putera Aceh, Razali Ismail Ubit, dianugerahi gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) oleh Keraton Surakarta Hadiningrat pada hari Sabtu, 26 Februari 2022 di Ndalem Kayonan Keraton Surakarta, Jawa Tengah.

"Maturnuwun sanget (terima kasih banyak). Saya merasa terhormat diberikan gelar dari Keraton Surakarta," kata Razali menerima gelar di Solo, Sabtu Malam.

Gelar tersebut diberikan oleh Ingkang Sinoehoen Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII dengan penyematan nama Kanjeng Raden Tumenggung Razali Ismail Ubit Hadipuro.

Razali mengaku tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa dirinya akan mendapat gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat tersebut.

Menurut dia kepercayaan yang telah diberikan Keraton Surakarta Hadiningrat kepada dirinya menjadi amanah untuk terus melestarikan adat dan budaya dan Keberagaman di Indonesia.

"Ini tanggung jawab dan amanah bagi saya untuk terus menjaga kelestarian dan keberagaman di Indonesia" kata pria kelahiran Aceh itu.


Pemberian gelar itu bukan tanpa alasan sebab Kanjeng Raden Tumenggung merupakan gelar kehormatan untuk tokoh maupun pemimpin yang diyakini oleh keraton mampu berkarya serta melestarikan budaya hingga menjaga keberagaman.

Pada kesempatan itu Razali terlihat memakai pakaian beskap lengkap dengan blangkon dan keris. Prosesi pemberian anugerah gelar berlangsung secara khidmat dan sakral. ( * )
×
Berita Terbaru Update