Notification

×

Iklan ok

Forum LSM Aceh : Semua Pihak Tidak Terpengaruh terkait Issue Wacana Penundaan Pemilu 2024

Kamis, 07 April 2022 | 15.12 WIB Last Updated 2022-04-07T08:27:39Z
Dok.foto : Kotak Suara Pemilu .



GEMARNEWS.COM , BANDA ACEH – akhir ini issue terkait penundaan Pemilu 2024 beredar luas, membuat masyarakat bingung, terkait dengan kepastian agenda pesta demokrasi tersebut.

Menyikapi issue liar ini, Sudirman Hasan, Sekjen Forum LSM Aceh, menghimbau semua pihak tidak ikut terpengaruh dengan issue – issue liar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan tersebut, yaitu wacana penundaan Pemilu 2024 dan juga Issue 3 periode, diluar Konstitusi yang berlaku di Negara kita ini, seperti yang hangat beredar luas dimedia media social dalam beberapa waktu sekarang ini.

Sudirman Hasan juga berharap, Pihak Penyelenggara, supaya tidak terpengaruh dengan issue yang beredar ini, supaya persiapan dan tahapan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan waktu yang telah disepakati bersama, yaitu 14 Februari 2024 .

Tidak lama lagi, yaitu tepatnya pada Juni, KPU dijadwalkan memulai persiapan pemilu. Juga seperti direlease KPU, nanti pada Agustus, sudah memasuki agenda verifikasi partai politik.

Indonesia perlu estafet kepemimpinan di tingkat eksekutif dan legislatif, untuk itu, Pemilu tetap diperlukan sekali pun negara dan masyarakat dihadapkan pada pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 
Pelaksanaan Pemilu untuk memastikan legitimasi para penyelenggara negara lewat proses demokrasi, sesuai dengan konstitusi yang dianut negara kita, kata Sudirman Hasan.

Pelaksanaan Pemilu 2024 bakal memberikan warna tersendiri karena untuk pertama kalinya, merupakan Pemilu Serentak terbesar yang pernah dilaksanakan di Indonesia dan sebagian besar wilayah di Indonesia juga di pimpin oleh Plt yang sangat lama. 

Jika UUD 1945 sudah mengatur jadwal pemilu setiap lima tahun, maka itu yang harus dipatuhi , tidak sepatutnya wacana penundaan pemilu 2024 direalisasikan karena jelas-jelas menabrak konstitusi.

"Wacana-wacana yang semakin macam-macam berkembang harus kita sikapi dengan cara pandang konstitusional atau cara pandang berdasarkan aturan yang mengarahkan kompas (demokrasi) ini mau ke mana. Kita tidak menyikapinya pada posisi melawan aturan tersebut," ujarnya .

Sudirman Hasan Menegaskan, Polemik Penundaan Pemilu 2024 atau Tiga Periode, harus segera dihentikan, mari kita jaga Keamanan dan Ketertiban dalam Masyarakat tetap terjaga, apalagi dalam bulan Suci Ramadhan seperti sekarang ini. ( * )
×
Berita Terbaru Update