Notification

×

Iklan ok

Cuaca Panas Capai 35° C, BMKG : Akibat Kemarau Panjang

Selasa, 24 Mei 2022 | 13.09 WIB Last Updated 2022-05-24T06:09:59Z

Ket Foto : Ilustrasi 


Gemarnews.com, Aceh Besar - Badan Meteorologi, Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang paparkan, suhu di ibu kota Provinsi Aceh mencapai 35 derajat Celcius akibat kemarau panjang saat ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang.

 

“Suhu udara kita dua hari ini mencapai 34-35 derajat Celcius. Penyebab terasa panas karena hujan sudah sangat sedikit,” kata Zakaria, Senin (23/5/2022).

 

Zakaria mengatakan, cuaca di Banda Aceh cerah hingga cerah berawan pada siang hari. Pada malam hari, cuaca juga terasa sangat panas.

 

“Intensitas hujan yang sangat sedikit itu juga menyebabkan pada malam hari kita terasa panas dengan suhunya 28 derajat Celcius. Biasanya suhu malam hari 22-23 derajat Celcius,” jelas Zakaria.

 

Dia menyebutkan, sebagian besar wilayah Aceh saat ini sudah memasuki musim kemarau dan puncaknya diperkirakan pada Agustus 2022 mendatang. Suhu pada bulan tersebut diperkirakan meningkat hingga 36 persen.

 

“Kita memprediksi kemarau hingga Agustus walaupun nanti di tengah-tengah ada hujan beberapa kali,” ujarnya.

 

Meski di Banda Aceh telah 15 hari tidak hujan, kata Zakaria, sejumlah daerah di pantai barat selatan justru masih dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

 
Dia mengatakan, kabupaten/kota di pantai barat selatan termasuk ke dalam kategori daerah tidak mengenal musim. “Dia selalu ada hujan walaupun sedikit,” katanya. (*)
×
Berita Terbaru Update