Notification

×

Iklan

Perdana, Ketua MUI Akan Jadi Khatib Pelaksanaan Sholat Eid Idul Fitri di JIS

Minggu, 01 Mei 2022 | 07.14 WIB Last Updated 2022-05-01T00:14:59Z
Dok Foto : KH. Cholil Nafis, Ketua MUI.


Gemarnews.com, Jakarta - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis dijadwalkan menjadi khatib salat Idulfitri di Jakarta International Stadium (JIS) pada 1 Syawal 1443 Hijriah mendatang.  Gubernur DKI Anies Baswedan juga dijadwalkan untuk salat Id di sana.  

"Tema khutbahnya spirit fitrah untuk membangun kesalehan," kata Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Aceng Zaini saat dihubungi, Sabtu (30/4).

Sementara itu imam juara nasional Tilawah dewasa putra MTQ Nasional 2018, Heri Kuswanto, dijadwalkan menjadi imam.

"Pak Gubernur hadir (salat di JIS) bersama para pejabat," kata Aceng.

Pemprov DKI diketahui berencana menjadikan JIS sebagai salah satu lokasi Salat Idulfitri. Dalam pelaksanaannya, warga diimbau untuk datang menggunakan transportasi umum.

"Lantaran tempat parkir jumlahnya terbatas, Pemprov DKI mengimbau agar masyarakat menggunakan transportasi publik ke JIS," kata Sekretaris Daerah DKI, Marullah Matali dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/4).

Menurut Marullah, terdapat sejumlah transportasi publik yang memiliki rute ke JIS, yakni; Transjakarta JIS 014 (Senen - JIS), Transjakarta JIS 003 (Harmoni - JIS), Non BRT 10K (Tanjung Priok - Senen via Taman BMW), dan JAK 77 (Tanjung Priok - Jembatan Hitam).

Marullah juga mengimbau agar masyarakat yang hendak Salat Id di JIS tidak membawa makanan/minuman kemasan sekali pakai, membawa tumbler minum sendiri, membawa kantong ramah lingkungan untuk sandal/sepatu, dan tidak membawa koran agar tidak menjadi sampah setelah salat. Pasalnya, JIS merupakan bangunan ramah lingkungan.

Marullah menyatakan berbagai infrastruktur pendukung salat Idulfitri juga sudah disiapkan, seperti tempat wudu, tempat parkir, dan toilet. Kendati demikian, masyarakat disarankan wudu dari rumah agar mengurangi antrean dan salat dapat dimulai tepat waktu.

"Masyarakat juga diharapkan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Idulfitri secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan ini," katanya. (*)

Sumber : CNN Indonesia.
×
Berita Terbaru Update