Notification

×

Iklan

Sistem Birokrasi di Indonesia Saat Ini

Selasa, 17 Mei 2022 | 07.03 WIB Last Updated 2022-05-17T00:03:18Z
Oleh : Zam Zam Khalila
Mahasisiwi UIN Ar - Raniry Banda Aceh


Gemarnews.com, Opini - Birokrasi merupakan suatu struktur organisasi yang memiliki prosedur, tatanan dalam menjalankan segala tugas agar lebih teratur untuk mencapai tujuan. Sejak abad ke-19, birokrasi telah menjadi fenomena kehidupan yang sangat penting. Birokrasi disebutkan sebagai entitas penting dalam suatu negara dengan kata lain birokrasi menjadi institusi yang paling di butuhkan saat ini (The most important dominant institution). Lalu bagaimanakah sistem birokrasi Indonesia saat ini?

Zam Zam Khalila, Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UIN Ar-Raniry berpendapat bahwa “Jika kita bandingkan dengan sistem birokrasi yang sangat buruk pada masa orde baru, maka sistem birokrasi Indonesia saat ini sedikit lebih baik dari sebelumnya. Namun sistem birokrasi di Indonesia saat ini secara organisasi masih terlalu gemuk. Yang mana masih sangat lamban, berbelit belit, tidak profesional, adanya nepotisme, kolusi, dan korupsi. Sehingga masih banyak masyarakat yang mengeluh tentang sistem birokrasi di Indonesia.


Padahal jika dilihat dari sudut pandang administratif, birokrasi adalah suatu organisasi pelayanan yang dimana untuk menilai performa yang ditampilkan mereka itu ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jika masyarakat banyak yang masih merasa belum puas maka ini membuktikan bahwa Sistem Birokrasi di Indonesia saat ini masih belum berhasil meskipun saat ini telah adanya reformasi birokrasi.

Khalila menyebutkan bahwa “ada 3 hal mendasar yang dapat meningkatkan sistem birokrasi yang lebih baik lagi agar lebih efektif dan efisien yaitu dengan cara 1. penerapan birokrasi digital, sehingga memberikan kecepatan pelayanan. 2. Standarisasi pelayanan dengan tujuan agar birokrasi tetap berjalan efektif, cepat, dan responsif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 3. Profesionalisme SDM aparatur, agar membantu reformasi sistem birokrasi yang lebih baik lagi. Karena para birokrat inilah sebagai pelaku dari birokrasi itu sendiri, yang jika kualitas para birokrat nya buruk maka sistem birokrasi juga demikian.

Harapannya “semoga kedepannya sistem birokrasi di Indonesia lebih baik lagi, sehingga memberikan pandangan dan nilai positif serta yang paling penting adalah kepuasan masyarakat yang di layani seperti tujuan utama dari birokrasi itu sendiri.” []
×
Berita Terbaru Update